Wamenhan Terima Kunjungan Athan India Bahas Def Expo India

Jakarta, chronosdaily.com – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menerima Atase Pertahanan (Athan) India Kapten (N) Amitabh Saxena, di Kemhan, Jakarta, di mana dibicarakan dua hal, yakni Pameran Pertahanan Industri Pertahanan Dunia “Defence Expo India 2022”, yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 sampai 13 Maret 2022 di Gandhinagar, Gujarat India.

Kemudian agenda pembicaraan berikutnya, Athan India untuk Indonesia menjelaskan rencana kunjungan National Security Advisor (NSA) H.E. Ajit Doval, KC ke Indonesia pada 17 Maret 2022, di mana sebelumnya Menhan Prabowo Subianto dan NSA India telah bertemu pada Juli 2020, di India.

Dalam pertemuan ini, Wamenhan didampingi Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI J. Binsar P.S.

Indonesia dan India telah memiliki perjanjian kerja sama pertahanan sejak Mei 2018 yang didasarkan pada UU No 21 tahun 2006, tentang Kerja sama Pertahanan antara RI dan Republik India. Kerja sama pertahanan kedua negara mencakup bidang produksi dan layanan servis terkait alpalhankam, kerja sama industri pertahanan, BUMN, alih teknologi, bantuan teknis, pelatihan dan produksi bersama, kerjasama IPTEK, serta kerja sama dalam bidang latihan, operasi, dan logistik bersama.

See also  Mensos Natalan Bersama Kaum Milenial Gereja

Hal lainnya, sebagai implementasi dari Kerja sama Pertahanan RI-India, dibentuk forum pertemuan Joint Defense Cooperation Committee (JDCC) yang diselenggarakan pertama kali di Jakarta, tahun 2009. Sidang JDCC tersebut, dipimpin oleh Sekjen Kemhan RI, sedangkan Delegasi India dipimpin Sekjen Kemhan India. Sementara pada JDCC ke-7 pada tahun 2022 ini akan diselenggarakan di Indonesia. [Kemenhan]

Leave a Reply

Your email address will not be published.