VIU Serahkan Bantuan APD ke RS Mitra Keluarga Bekasi dan RS Islam Jakarta

Jakarta, chronosdaily.com – Alat Pelindung Diri menjadi sarana vital bagi seorang yang berprofesi sebagai perawat medis, entah dia perawat pasien atau dokter. Selain barangnya langka, kalaupun ada harganya bisa mencapai 300 kali lipat untuk satu APD sekali pakai.

Sementara sebagian masyarakat sibuk bermanja meminta fasilitas dan jaminan Pemerintah di tengah wabah pandemik, atau hanya sibuk memrotes kebijakan-kebijakan tanpa berpikir bahwa ada hal-hal yang harusnya menjadi prioritas nyata.

Pemerintah Indonesia baru mengungkapkan kasus Covid-19 pertama tanggal 2 Maret 2020. Sementara seorang perawat di rumah sakit di Jakarta bernama Ninuk, jauh hari sebelumnya telah menjadi korban terinfeksi Corona saat melayani pasien yang berasal dari Korea. Ninuk akhirnya menghembuskan nafas terakhir, tanpa alat pelindung diri yang memadai.

 Alat Pelindung Diri yang dimaksud untuk menghindari sekaligus mengurangi risiko tertular penyakit yang infeksius seperti Ebola, MERS, SARS, Flu Burung dan termasuk wabah pandemik Covid 19 ini.  APD dirancang sedimikian rupa yang biasanya terdiri dari penutup kepala (hoodie), pelindung wajah, pelindung mata (goggles), masker (respirator), sarung tangan, baju pelindung (gaun) dan sepatu boot.

See also  Ingat, Gerakan Reformasi Yang Melahirkan KPK
RS Mitra Keluarga, Bekasi

Visi Indonesia Unggul yang diinisiasi oleh Tigor Mulo Horas Sinaga, mengambil inisiatif untuk melakukan  aksi nyata kepada garda terdepan para perawat medis yang sangat rentan terinfeksi wabah pandemik Corona. Mengingat tidak semua rumah sakit rujukan memiliki cukup alat pelindung diri, apalagi saat kebutuhan mendesak dan adanya kelangkaan. “Ini bukan untuk ikut-ikutan menyumbang atau gaya-gayaan, tapi kami berupaya membantu dengan kebutuhan tepat guna,” ujar Horas.

“Kekuatan sebuah negara terletak pada bangsa yang sehat yang akan menghasilkan generasi-generasi berkualitas. Peran para perawat medis sering terabaikan, ketika mereka sedang berjibaku menyelamatkan orang lain agar tidak direnggut maut, mereka sendiri sebenarnya sedang berhadapan dengan maut. Belum lagi stigma masyarakat kadang berlebihan,” tegas Horas kembali. “Kita percayakan kebijakan pemerintah, semua satu suara dalam satu gerakan yang sama untuk melawan pandemik Covid 19. Kita tetap bersatu dan berdoa, bangsa dan negara ini akan segera bebas dari Corona.”

Setelah sebelumnya Visi Indonesia Unggul (VIU) memberikan bantuan Alat Pelindung Diri di RS Persahabatan (Jakarta Timur) dan RS DGI Cikini (Jakarta Pusat). Kini VIU dan tim menyerahkan bantuan kepada RS Mitra Keluarga Bekasi dan RS Islam di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

See also  Dibuka Jokowi, Sekdaprov Silangen Ikuti Rakernas Pembangunan Pertanian 2021
RS Islam Jakarta Timur
chronosdaily
go

Frans Meroga, Wakil Ketua VIU menyampaikan rasa syukur kepada para influencer yang turut mendonasi sebagai wujud kepedulian sosial bagi para pejuang garda terdepan melawan wabah virus Corona ini. “Kita harus yakin, percaya dan tetap bersatu, saling mendukung dan menyemangati. Indonesia pasti sanggup mengatasi serangan pandemik Covid 19.

Mereka yang turut berpartisipasi antara lain artis Luna Maya, Anggie Rasly, Erlya Bimantara, Drg Devya Linda, Erin Taulany, Zikra Soraya, Sari Hutagalung, Farah Balqies, Titi Kamal, Queen Abigail, Rozma Suhardi, Tiara 5 a Sec, Sari Hutagalung, Tantri Benarto, Kirana Larasati, Lily Riana. [Roy Agusta]

Leave a Reply

Your email address will not be published.