Virgil van Dijk, Center-Back Tangguh Termahal Layak Masuk Nominasi Ballon d’Or

Sepakbola, chronosdaily.com – Virgil Van Dijk memulai performa dirinya sejak bergabung di FC Groningen (Belanda). Apalagi kemudian terpilih di Tim Nasional Belanda U-19. Lepas dari Groningen, ia bergabung dengan klub Celtic (Skotlandia), sukses bersama Celtic membawanya pindah ke Southampton (Inggris). Tampil apik dan konsisten, akhirnya direkrut Liverpool meski menuai banyak kritik dan kontroversi. Seperti halnya klub Liverpool yang disebut sebagai klub legenda di Inggris, “Saya ingin menjadi legenda di Liverpool,” tegas van Dijk kala itu.

Nama Virgil van Dijk mencuat dipentas kandidat peraih Ballon d’Or. Penghargaan Ballon d’Or (Bola Emas) adalah penghargaan tahunan diberikan kepada pemain yang terpilih karena prestasi terbaiknya. Lev Yashin merupakan satu-satunya kiper yang pernah meraih penghargaan ini pada 1963, dan George Weah adalah pemain pertama non-Eropa yang terpilih menerimanya di tahun 1995 ketika bermain untuk klub raksasa AC Milan.

Beberapa nama pemain peraih Ballon d’Or asal Belanda yaitu : Johan Cruijff (1971/1973/1974), Ruud Gullit (1987), Marco van Basten (1988/1989/1992). Van Dijk akan menjadi pemain ke 4 dari Belanda bila berhasil terpilih mendapatkan Ballon d’Or, meski sulit bagi dirinya untuk bersaing dengan Cristiano Ronaldo (Juventus), Lionell Messi (Barcelona), atau salah satu dari 2 andalan Paris Saint-Germain Kylian Mbappe dan Neymar Jr.

Disebut berperan besar membawa klub ternama Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu. menjadi bek termahal di dunia, dan Transfermarkt mencatat nilai pasar pemain asal Belanda ini menjadi yang tertinggi karena prestasi yang diraihnya sepanjang 2018-2019. Van Dijk berhasil menyabet gelar Pemain Terbaik Eropa 2019.

Van Dijk selain memiliki tendangan yang keras, ia disebut cerdas dalam membaca pergerakan pemain lawan dan antisipatif terhadap berbagai pola permainan, penuh percaya diri dan memiliki determinasi yang tangguh terhadap tekanan serangan lawan. Dinobatkan sebagai pemain tercepat, sangat berbahaya bila melakukan serangan balik.

Los Blanchos Real Madrid dikabarkan tertarik merekrut Virgil van Dijk. Namun, dipastikan Liverpool akan menawarkan Van Dijk kontrak baru yang lebih menggiurkan agar bertahan. Kontrak Van Dijk saat ini baru akan habis pada 2023 dan kemungkinan diperpanjang 2 tahun lagi. Sejak direkrut dari Southampton, Van Dijk tampil solid dan memukau publik.  Van Dijk dianggap sebagai partner ideal jangka panjang bagi Raphael Varane.

Virgil van Dijk lahir di kota wisata Breda (Belanda), yang berbatasan dengan Belgia. Breda dikenal sebagai pusat budaya dengan berbagai lembaga penelitian dan pendidikan. Virgil van Dijk yang memiliki darah Suriname (diidentikkan keturunan Indonesia) seperti halnya: Patrick Kluivert, Frank Rijkaard, Edgar Davids, Jimmy Floyd Hasselbaink, dan Clarence Seedorf. Karier Van Dijk pun diharapkan menapaki jalan yang sama dengan prestasi besar pemain Belanda lainnya yang berdarah Suriname. [RA]

Virgil van Dijk/goal.com

chronosdaily

 

 

 

 

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *