Ukraina Menghabiskan $15 juta Crypto yang Disumbangkan untuk Perlengkapan Militer

Ukraina, chronosdaily.com – Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, Alex Bornyakov, menyebutkan Ukraina telah menghabiskan $15 juta dari sumbangan cryptocurrency untuk peralatan tempur, termasuk rompi antipeluru yang dikirimkan pada hari Jumat lalu.

Menurut laman beincrypto, Kementerian Transformasi Digital, yang dibentuk dua tahun lalu untuk meningkatkan industri teknologi informasi negara dan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi, telah berhasil menemukan pemasok militer di Eropa dan AS untuk rompi antipeluru, makanan, perban, dan peralatan penglihatan malam tidak bahkan dua hari memasuki serangan Rusia ke Ukraina. Sementara beberapa pemasok menerima kripto, yang lain hanya menerima euro atau dolar, yang mengharuskan konversi beberapa kepemilikan kripto menjadi mata uang fiat ini.

Bornyakov mengatakan dalam wawancara melalui aplikasi Zoom dengan Bloomberg bahwa pemerintah mengharapkan untuk menggandakan sumbangan crypto yang diterima sejauh ini (56,8 juta) dalam beberapa hari ke depan. Sebagian besar uang yang disumbangkan berasal dari Bitcoin dan Eter. Sebaliknya, jumlah yang lebih kecil datang dalam bentuk stablecoin Tether, Polkadot ($5.8M), Solana, dan bahkan dari NFT, termasuk satu CryptoPunk senilai lebih dari $200K dan NFT Julian Assange yang dibuat oleh seniman multidisiplin Pak senilai $1.86M.

See also  Pandemi Covid-19 Masih Menghantami Indonesia, Gerombolan Provokator Berkeliaran

“Sebagian besar sumbangan datang dari orang-orang,” jelas Bornyakov. Sementara beberapa perusahaan tengah mempertimbangkan untuk meningkatkan donasi mereka, salah satunya adalah Aid for Ukraina. Dana yang bertujuan untuk mengubah crypto menjadi dolar AS untuk dibelanjakan di Ukraina, diduga melalui bantuan pertukaran FTX yang berbasis di AS. Crypto dana akan dikonversi menjadi dolar untuk disimpan ke bank sentral Ukraina. Dana tersebut dimulai oleh salah satu pendiri Solana Anatoly Yakovenko dan Sergey Vasylchuk, CEO perusahaan crypto staking Everstake. Vasylchuk sebelumnya bekerja dengan pemerintah Ukraina untuk mengembangkan Mata Uang Digital Bank Sentral.

Bornyakov diketahui pernah belajar Administrasi Publik di Universitas Columbia dan mendirikan penyedia teknologi iklan, di antara perusahaan rintisan lainnya. Kementerian mendukung infrastruktur teknologi informasi negara itu untuk memastikan kemajuan pekerjaan pemerintah, bahkan ketika serangan Rusia berlanjut.

Bornyakov mengatakan bahwa kementerian telah meminta dua perusahaan untuk membuat koleksi NFT, yang mungkin tersedia dalam waktu kurang dari dua minggu untuk mengumpulkan dana bagi kelanjutan pertahanan Ukraina. Belum ditentukan kemudian apakah NFT akan dibatasi dan seperti apa bentuknya.

See also  Lanud Adi Soemarmo Gelar Sosialisasi PPDB SMA Pradita Dirgantara Tahun 2020

chronosdaily
go

Kementerian tidak memiliki rencana untuk menjual CryptoPunk #5364, yang menggambarkan gambar 8-bit dari karakter yang mengenakan bandana biru dan merokok, atau banyak NFT yang diterima sebagai sumbangan. CryptoPunk terakhir dijual seharga $ 43.000 pada tahun 2021. Kementerian belum menggunakannya, karena menjualnya terbukti tidak mudah. “Kami akan bekerja sama dengan NFT sebentar lagi, fokus pada hal-hal yang dapat kami tangani saat ini. Tidak ada waktu untuk mencari cara bagaimana mengubahnya.”

Melalui rilis sebelumnya, diketahui adanya oknum penipu yang telah memanfaatkan situasi ini dengan menargetkan orang-orang yang ingin membantu Ukraina, memberikan alamat yang tidak autentik bagi orang-orang untuk mengirim dana. Pada hari Sabtu, 26 Februari 2022, pemerintah Ukraina mengimbau publik untuk sumbangan crypto, mendorong Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, untuk mendesak pengguna untuk tidak mengirim dana ke alamat tanpa memastikan bahwa itu bukan alamat scammer. “Lingkungan info ini sangat tidak bersahabat, lakukan kewaspadaan yang ekstrem.”

Namun, sumbangan terus mengalir, mungkin akhirnya menciptakan kasus penggunaan dunia nyata untuk kripto ketika sistem perbankan gagal mendukung kebutuhan mendesak. Waktu yang diperlukan untuk mentransfer bitcoin atau eter jauh lebih sedikit daripada waktu yang dibutuhkan untuk pembayaran pengiriman uang tradisional untuk diselesaikan. [BeInCrypto]

Leave a Reply

Your email address will not be published.