Tokoh Masyarakat Bertanggungjawab Soal Keretakan yang Terjadi Ditengah Masyarakat

chronosdaily

Jakarta, chronosdaily.com – Perayaan Natal tahun 2019 cukup aman dan terkendali. Hanya ada sedikit gangguan di 2 (dua) Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat itupun tak signifikan, namun tetap butuh cipta kondisi karena itu butuh langkah konkrit pemerintah atas adanya kesepakatan yang tidak mencerminkan kebhinnekaan/ keragaman di negara berasaskan Pancasila.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (LAKSAMANA) Samuel F. Silaen katakan, “bahwa dari pantauan di beberapa lokasi, puluhan personil gabungan berdiri yang terdiri dari personil Kepolisian/ Brimob, TNI, Dishub dan Sat-Pol berdiri di pintu masuk halaman gereja- gereja, berjaga dan melakukan pemeriksaan barang- barang bawaan termasuk tas terhadap orang-orang yang masuk dalam Gereja, “kata Silaen kepada wartawan di Jakarta.

Jika kita lihat kesepakatan itu bagian dari bentuk intoleransi sistematis yang dilakukan oleh tokoh- tokoh masyarakat yang seharusnya memberikan contoh dan suri tauladan ditengah- tengah masyarakat, justru yang terjadi sebaliknya, “ungkap Silaen mantan aktivis KNPI itu.

Tokoh- tokoh masyarakat seharusnya menjadi pemersatu, pengikat bagi lingkungan dimana dia berada, untuk menyampaikan pesan- pesan keberagaman yang humanis ditengah- tengah masyarakat yang pluralis, “beber Silaen Alumni LEMHANAS Pemuda 2009 ini..

See also  Junaedi Akhirnya Dilantik Jadi Bupati Kepulauan Seribu Definitif

Menurut hemat saya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas perintahkan aparatur negara khususnya penegak hukum untuk menyelaraskan dan menjamin terpenuhinya hak setiap warga negara untuk beribadah sesuai dengan keyakinan dan agamanya masing- masing di wilayah republik indonesia.

Lanjut Silaen, ketegasan Presiden Jokowi harus di apresiasi meski belum semuanya ideal dan sempurna dalam pelaksanaan dilapangan dan terkadang terdapat bias menyimpang yang terus didorong untuk ditegakkan meskipun langit runtuh, “ujarnya.

Kebersamaan dan kekompakan sangat dibutuhkan semua komponen anak- anak bangsa ditengah- tengah masyarakat untuk membangun bangsa ini menuju #indonesiamaju

Selamat merayakan natal 25 Desember 2019 bagi yang merayakannya dan selamat menyongsong tahun baru 2020, semoga sukses digapai oleh semua rakyat indonesia, ” tutupnya serius.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *