Teluk Jakarta Akan Jadi Edukasi Kebaharian Pelajar DKI Jakarta

Jakarta, chronosdaily.com – Dinas Pendidikan DKI akan merumuskan program edukasi kebaharian bagi pelajar. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah agar para pelajar mengenal dan mencintai alam khususnya kelautan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat mengatakan, sangat disayangkan jika pelajar sebagai generasi penerus bangsa tidak mengenal laut beserta potensinya. Tidak bisa memanfaatkan kekayaan laut yang sangat berpotensi di berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi.

“Kita perlu terus melakukan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk mengenal laut dan berbagai macam potensinya,” kata Syaefuloh, saat ditemui di Kampung Nelayan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (5/10/2019).

Untuk itu, dijelaskannya jajaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta segera membahas program edukasi kebaharian ini. Tak menutup kemungkinan program ini turut melibatkan berbagai komunitas pecinta alam yang berisi pelajar melalui kegiatan ekstra kulikuler sekolah.

“Kami akan bahas dulu dengan teman-teman di Dinas Pendidikan DKK. Ini suatu hal yang menarik. Salah satu contohnya saya perhatikan belum ada edukasi kebaharian dimana pelajar berkecimpung dalam aktivitas nelayan,” jelasnya.

Dengan adanya program ini nanti, diharapkan tingginya kecintaan pelajar terhadap laut berdampak pada kepedulian dalam menciptakan lingkungan bersih. Tidak membuang sampah sembarang yang memungkinkan sampah bermuara ke laut sehingga terjadi pencemaran.

“Tadi saya lihat masih ada sampah bertebaran di laut Teluk Jakarta. Dengan adanya program edukasi kebaharian, pelajar atau masyarakat luas yang telah mencintai laut akan lebih peduli terhadap kebersihan.

“Jadi program ini juga sekaligus mengkampanyekan agar pelajar atau masyarakat tidak membuang sampah sembarang. Lebih peduli dan menyayangi keindahan laut Jakarta,” tutupnya. [Johan Sopaheluwakan]

chronosdaily

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *