Tarian Indonesia Tampil dalam Paris Café Festival 2021

Paris, chronosdaily.com – Prancis, selain terkenal dengan kota-kotanya sebagai destinasi wisata, terkenal dengan komitmen pemerintahnya dalam mengapresiasi seni budaya. Di semua kota di Prancis, banyak dijumpai pusat-pusat kebudayaan, museum, konservatori budaya, dan pusat-pusat kegiatan asosiasi. Bahkan, semua walikota di Prancis, selalu memiliki wakil walikota di bidang kebudayaan.
Kecintaan dan komitmen terhadap budaya ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Prancis untuk menerima budaya asing, termasuk dari Indonesia. Di antaranya, pada kegiatan Paris Cafe Festival tahun ini yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 29 hingga 31 Oktober, tarian Indonesia menjadi bagian upacara pembukaannya.
Paris Café Festival merupakan ajang internasional promosi produk kopi, termasuk Indonesia yang hadir di salah satu stand, dan menampilkan produk unggulan kopi Aceh. Lebih dari 2500 pengunjung hadir dalam festival tersebut.
Pada kegiatan pembukaan, KBRI Paris mendapat kesempatan untuk menampilkan dua tarian Indonesia, yaitu tari Driasmara dan tari Piring. Tari Driasmara melambangkan liku-liku kehidupan percintaan Panji dengan Sekartaji yang berakhir bahagia. Sedangkan tari piring berasal dari Sumatra Barat yang dilakukan dengan gerakan-gerakan yang melambangkan kegiatan masyarakat dalam bekerja, antara lain gerak batanam (bertanam), gerak manyabik (menyabit), gerak mengirik (mengirik padi), dan gerak baguliang (berguling).
Secara terpisah, Warsito, Atdikbud KBRI Paris menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan promosi kebudayaan juga membawa dampak langsung terhadap peningkatan jumlah orang Prancis untuk belajar Bahasa Indonesia di KBRI Paris. “Untuk itu, kegiatan promosi tentang Indonesia secara terpadu akan terus dilakukan oleh KBRI Paris”, kata Warsito. [Kemlu]

Leave a Reply

Your email address will not be published.