Tak Sekadar Duel El Clasico, Tapi Gengsi

Sepakbola, chronosdaily.com-Kamis (19/12) dini hari waktu setempat di Camp Nou, El Clasico yang tertunda bakal digelar. Sedianya laga Barcelona versus Real Madrid dimainkan pada 26 Oktober lalu, namun karena kondisi politik dan keamanan di dalam negeri Spanyol sedang panas, duel itu ditunda hingga 19 Desember.

Duel ini bukan sembarang duel. Duel yang ke 243 ini adalah duel yang sarat dengan gengsi. Messi, sang kapten penerima Balon d’Or berusaha akan mengungguli rivalnya yang punya poin sama di La Liga, yaitu 35. Secara head to head, Barca lebih unggul dengan meraih 96 kemenangan atas Madrid yang baru menang 94 kali.

Sejumlah pengamat percaya bahwa duel clasico ini bukan soal Messi, Benzema, Pique atau Sergio Ramos tapi soal dua pemain muda masing-masing akan jadi jangkar. Dialah Frengkie de Jong, pemian usia 22 tahun asal Belanda yang diharapkan dapat memasok bola-bola matang ke Messi. Sementara di kubu Madrid ada Frederico Valverde, pemuda 21 tahun asal Uruguay. Diyakini Barca akan bermain dengan formasi 4-3-3 dengan de Jong bermain di sisi kiri dan Rakitic sebelah kanan. Sementara Madrid diyakini juga menurunkan formasi yang sama, dengan Valverde ditempatkan di sisi kiri. Catatan de Jong memang cukup baik selama musim ini, bermain di 15 laga, menghasilkan 1 gol dan dua asist. Sementara Valverde bermian 8 game menghasilkan 2 gol dan dua asist. Dua pemain muda ini cukup menjanjikan di tengah pemain-pemian bintang baik di Barca dan Madrid.

See also  Peresmian Stadion Lukas Enembe Dimeriahkan Atraksi Terjun Payung

Mantan pemian Barcelona yang menjadi pundit mengatakan bahwa de Jong punya kemampuan yang luar biasa dan akurasi rata-raa 90 persen tepat sasaran.  “Ia tipikal pemain tengah yang fisiknya baik, ia konstan berlari dan sangat penting untuk Barca, seperti Xavi yang punya peran penting,” katanya seperti dikutip bbc sport.

Sementara Frederico Valverde menurut Phil Kitromilides, komentator bola Spanyol, Valverde selalu tahu perannya di mana ia berada.”Memang dia belum banyak pengalaman tapi ia punya energi yang bagus, bermain simpel dan sangat cepat serta intelegensinya tinggi,” katanya.

El clasico nanti memang bukan sekadar Madrid dan Barca tapi memang selalu memunculkan gengsi siapa yang terbaik di antara dua klub yang selalu berseteru ini. Jika Barca atau Madrid yang menang maka, akan ada jarak tiga angka bagi kedua klub untuk menempati posisi atas klasmen La Liga tengah minggu ini. Sebalinya jika salah satu kalh, maka sama hasilnya. Lebih dari itu, laga ke 243 ini ingin menampilkan siapa yang paling unggul di Spanyol. Barca atau Madrid? tak bisalah saya menebaknya. Yang bisa menunggu hasilnya. (ars)

See also  Burnley Pertama Kali Menang di Old Trafford

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *