Sudah 33 Nama, Siapa Lagi?

Jakarta, chronosdaily.com – Hingga Selasa (22/10) sore, Istana Presiden telah memanggil 33 nama yang bakal masuk dalam kabinet Jokowi periode ke dua. Di periode pertama ada 34 nama yang menjadi pembantu presiden dalam menjalankan pemerintahannya. Di periode kedua ini, Istana masih terus menggodok nama-nama calon menteri.

Jokowi menekankan bahwa tugas bawahannya adalah orang yang punya jiwa inovatif, produktif, pekerja keras, serta tidak terjebak rutinitas yang monoton. Juga para menteri nantinya tak hanya membuat dan melaksanakan kebijakan namunĀ  memastikan masyarakat menikmati pelayanan dan hasil pembangunan.

Pengumuman susunan kabinet lengkap akan diumumkan Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/10) yang dilanjutkan dengan pelantikan pada hari yang sama.

Sejak Senin pagi, Presiden Jokowi memanggil tokoh-tokoh muda, seperti Nadiem Makarim, Erick Thohir dan Wishnutama. Lewat twitternya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa susunan kabinet pemerintahan periode mendatang sudah selesai dan pilihan para menteri diambil dari dari berbagai bidang pekerjaan dan profesi, antara lain akademisi, birokrasi, politisi, santri, TNI dan polisi.

Ada sejumlah nama yang membuat masyarakat terkejut, antara lain nama Prabowo Subianto yang adalah lawan politiknya saat pemilihan presiden lalu yang juga dipanggil ke istana untuk dicalonkan menjadi Menteri Pertahanan. Nama-nama lama juga masih menghiasi kabinet ke dua ini, antara lain, Sri Mulyani, Siti Nurbaya Bakar, Basuki Hadimuljono, Agus Gumiwang, Yasonna Laoly, Moeldoko, Budi Karya Sumadi, Bambang Brodjonegoro, Tjahjo Kumolo, Sofyan Djalil, Airlangga Hartarto dan Praktikno. (ars)

Berikut ini nama-nama yang telah dipanggil Jokowi, yaitu ;

1. Mahfud Md
2. Nadiem Makarim
3. Christiany Eugenia Tetty Paruntu (bukan calon menteri)
4. Wishnutama
5. Erick Thohir
6. Tito Karnavian
7. Airlangga Hartarto
8. Pratikno
9. Fadjroel Rachman (Juru Bicara Presiden)
10. Nico Harjanto
11. Prabowo Subianto
12. Edhy Prabowo
13. Sri Mulyani
14. Syahrul Yasin Limpo
15. Agus Gumiwang Kartasasmita
16. Juliari Batubara
17. Siti Nurbaya Bakar
18. Suharso Monoarfa
19. Basuki Hadimuljono
20. Fachrul Razi
21. Ida Fauziah
22. Bahlil Lahadalia
23. Zainudin Amali
24. Abdul Halim Iskandar
25. Yasonna Laoly
26. Budi Karya Sumadi
27. Sofyan Djalil
28. Moeldoko
29. Tjahjo Kumolo
30. Bambang Brodjonegoro
31. Johny G Plate
32. Agus Suparmanto
33. Teten Masduki

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *