Sosialita Gracia dan VIU Serahkan Bantuan APD Mendukung Garda Terdepan Melawan Covid-19

Jakarta, chronosdaily.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia terus bergulir dengan kasus yang terus meningkat setiap harinya. Perjuangan para dokter, perawat & paramedis lain di garda terdepan semakin menguras tenaga, waktu, bahkan tarung nyawa dalam perang kemanusiaan ini. Data terakhir menunjukkan korban jiwa sebanyak 87 orang dengan 1.046 kasus positif, tetapi terdapat 46 orang pasien sembuh.

Di tengah jibaku para pejuang kemanusiaan sejati yang tak kenal lelah, ternyata didapati kenyataan pahit bahwa stok alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis kian menipis. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menyebut bahwa di sejumlah rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19, stok APD hanya dapat bertahan untuk sepekan ke depan.

Frans Meroga

“Laporan kawan-kawan di lapangan begitu adanya. Rata-rata persediaan APD di rumah sakit rujukan hanya bisa bertahan seminggu atau tujuh hari kedepan. Kita semua yang menghadapi harus gotong royong guna mendapatkan suplai dan distribusi yang baik. Jadi tidak hanya pemerintah tapi semua pihak wajib membantu,” kata Daeng di Jakarta, Kamis (28/03/2020).

See also  BORJU ke-8 Kembali Buka Pesanan, Peserta Bertambah 29 Pelaku UMKM

Tanggap dengan ironi tersebut, Komunitas Sosial Gracia bekerjasama dengan Visi Indonesia Unggul (VIU) menyerahkan APD sebagai bantuan dan wujud dukungan bagi para pahlawan medis yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19. Bantuan yang diberikan berupa 350 buah hazmat suit dan 2.000 buah medical glove kepada RS PGI Cikini dan RSUP Persahabatan Jakarta.

chronosdaily
go
RSUP Persahabatan, Jakarta Timur

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum Visi Indonesia Unggul (VIU) Bayu Endro Winarko dan Frans Meroga Panggabean. Adapun bantuan diterima langsung dr. Alphinus R. Kambodji selaku Direktur Ketua RS PGI Cikini serta dr. M. Yovansyah dan dr. Laharsa Madison dari Gugus Tugas Covid-19 Reponsiveness RSUP Persahabatan.

“Kami berterimakasih sekali kepada Ibu-Ibu Gracia dan Visi Indonesia Unggul (VIU) atas bantuan ini. Memang kebutuhan APD jadi kendala utama kami saat ini. Kebutuhan kami akan APD saja sampai 150 buah per hari. Semoga Tuhan memberikan berkat yang berlimpah sebagai ganti kepedulian ini,” seru Alphinus di Gedung Direksi RS PGI Cikini, Jumat (27/03/2020).

See also  Kunjungi Gereja Katedral Makassar, Menag Yaqut: Kita Lawan Teror
RS PGI Cikini, Jakarta Pusat

VIU memberikan apresiasi yang tinggi atas niat baik dan tulus Komunitas Sosial Gracia yang mengalokasikan jadwal bakti sosial bulan Maret 2020 dalam bentuk bantuan APD yang sangat dibutuhkan pada masa pandemi Covid-19. Adapun kontribusi pelaksanaan bakti sosial berbentuk bantuan APD ini diprakarsai oleh Ibu Nila Panjaitan, Ibu Mimi Batubara, dan Ibu Merry Tiur Hutapea.

“Bantuan berupa 350 buah hazmat suit dan 2.000 buah medical glove yang diserahkan hari ini adalah bentuk kewajiban moral kita semua sebagai anak bangsa. Gracia telah membuktikan visinya secara konkrit yaitu Diberkati agar Menjadi Berkat. Sedang VIU pun membuktikan bahwa generasi muda harapan bangsa harus terjun langsung ke medan perang untuk mendukung sesama,” kata Frans Meroga, Waketum VIU.

Akhirnya, VIU pun mengajak semua elemen bangsa untuk bersama saling mendukung & bersatu untuk melawan cobaan pandemi ini. Saat kita tahu sekarang adalah giliran para pahlawan medis untuk berjuang di garda terdepan, seyogyanya seluruh kekuatan kita kerahkan mendukung mereka. Apalagi yang didukung semata-mata demi keselamatan para pahlawan medis bangsa Indonesia.

See also  Majalah NARWASTU Pilih 21 Tokoh Kristiani 2020 yang Nasionalis dan Religius
Tigor Mulo Horas Sinaga, Visi Indonesia Unggul

“Kami berseru kepada semua anak-anak Ibu Pertiwi Nusantara yang diberikan rejeki lebih, sekaranglah waktunya kita berbuat. Kita membantu para dokter, perawat, dan paramedis lain itu semata-mata demi keselamatan mereka. Bila semakin banyak para pahlawan medis menjadi korban, siapa lagikah yang bisa kita andalkan berjuang di garda terdepan dalam peperangan kemanusiaan ini,” pungkas Bayu Winarko, Waketum VIU

Leave a Reply

Your email address will not be published.