Singgung Isu Rasial dan Diskriminatif, Senator Papua Barat Minta Mensos Risma Minta Maaf 

Jakarta, chronosdaily.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Papua Barat (DPD Papua Barat) Mamberob Yosephus Rumakiek meminta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini untuk bersikap bijak, dan tidak asal-asalan menyinggung isu rasisme dan diskriminasi di Papua.

Oleh karena itu, Senator asal Papua Barat Mamberob Yosephus Rumakiek meminta agar Mensos Tri Rismaharini sebaiknya menyatakan permintaan maaf kepada seluruh Rakyat Papua, karena telah abai dan membuat pernyataan yang sangat terkesan merendahkan Orang Asli Papua (OAP).

Menurut Mamberob, sebagai Pejabat Publik, seharusnya Mensos Tri Rismaharini itu tahu etika komunikasi. Pejabat Publik mestinya membangun budaya komunikasi yang setara, agar menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

“Jangan menyinggung atau merendahkan Papua. Karena Orang Papua adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Indonesia. Pejabat publik jangan berpikir atau berpandangan rasis. Jangan diskriminatif terhadap etnis atau daerah tertentu, karena berpotensi menimbulkan konflik di akar rumput,” tutur Mamberob Yosephus Rumakiek, kepada wartawan, Kamis (15/07/2021).

.Oleh karena itu, menurut Senator asal Papua Barat ini, Presiden sebagai boss-nya para Menteri, harus memberikan teguran keras kepada para anak buahnya yang asal-asalan menyampaikan pernyataan, bahkan yang bersengaja menyinggung isu rasialisme dan diskriminatif.“Presiden harus tegur Mensos dan memberikan pembinaan terkait pengetahuan pejabat akan kekayaan etnis di Indonesia,” ujar Mamberob.

See also  Gubernur Sulsel Segera Bangun Jalan Tol Pettarani-Barombong-Takalar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *