Sidang Sinode GBI Mengusung Great Harvest, Menuai Dengan Kuasa Roh Kudus

Bogor, chronosdaily..com – Jelang perhelatan Sinode Gereja Bethel Indonesia, yakni Sidang Sinode XVI, Panitia Pelaksana Sidang Sinode GBI ke-16 mengundang rekan-rekan media untuk memantau seputar kesiapan pelaksanaan Sidang Sinode GBI ke-16 yang diadakan pada 27-30 Agustus 2019 di Sentul International Convention Center, Babakan Madang, Sentul Selatan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hadir dalam kesempatan dialog tersebut, Ketua Umum Sinode GBI Pdt. Dr. Japarlin Marbun, M.Pdk, Sekretaris I BPH GBI, Pdt. Himawan Leonardo, Sekretaris II BPH GBI, Pdt. Naftali Untung, MTh, Bendaraha Umum BPH GBI, Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, MTh, Ketua Panitia Pdt. Sutadi Rusli, Sekretaris Panitia Pdt. Satria, Ketua Departemen DPA Pdt. Joel Manalu, MTh, dan beberapa anggota Panitia Pelaksana. Pdt. Dr. Japarlin Marbun mengungkapkan bahwa  kesiapan pelaksanaan sidang sinode sudah hampir rampung, bahkan ketentuan standar kuorum telah tercapai.

Lebih lanjut Pdt. Japarlin Marbun mengemukakan bahwa akan ada juga agenda pelantikan pendeta, “Calon-calon pendeta yang akan dilantik menjadi pendeta itu sekitar 900, jadi mereka sebelum dilantik menjadi pendeta, maka mereka akan di training dahulu. Mereka sudah selesai seleksi pada tingkat daerah, dimana di daerah sudah proses ujian baik administrasi, dan mereka sudah disahkan oleh sidang MPL bahwa mereka akan dilantik dalam sinode, tapi sebelum mereka dilantik dalam sinode, maka mereka terlebih dahulu di training selama 3 hari di puncak barulah mereka akan di lantik dalam sidang Sinode” jelas Pdt. Japarlin.

See also  Pengusaha Jadi Seenaknya Terhadap Buruh, Presiden Buruh Tolak Omnibus Law

“Saya minta media bisa mewartakan agar masyarakat atau gereja jemaat kita, mengetahui akan ada Event ini, maka kita harapkan mereka berdoa untuk event ini sehingga, event kita ini tidak sekedar rapat dimana akan ada sidang-sidang pleno” tutur Pdt. Japarlin Marbun.  Japarlin Marbun berharap melalui sidang Sinode ini, terjadi kegerakan baru dimana Tuhan memberikan semangat pada hamba-hambanya dan memberikan semangat kepada para pendeta sehingga mereka bisa melanjutkan pelayanan di wilayah mereka masing-masing.

Pelaksanaan pembukaan Sidang Sinode GBI ke-16 nanti, Pdt. Japarlin Marbun menegaskan bahwa karena ini kegiatan internal, maka akan dilaksanakan secara internal. Bahwa pada awalnya ada wacana mengudang hadir Presiden RI, dan surat sudah disampaikan kepada Presiden, namun beliau tidak bisa datang oleh karena kesibukannya, jadi untuk seluruh acara dilakukan secara internal, dengan demikian semua lebih fokus kepada apa yang menjadi program GBI dalam sidang sinode ini.

Sidang Sinode GBI ke-16 mengusung tema “Great Harvest”, dengan Sub-tema “Menuai dengan Kuasa Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1 ayat 8)”, akan berlangsung dengan sejumlah rangkaian acara, selain pembahasan agenda persidangan, seperti pembahasan program dan pemilihan Ketua Umum BPH Sinode GBI, diadakan juga diantaranya seminar-seminar dengan muatan pembinaan-pembinaan untuk peserta, ada juga pelantikan Pendeta, pelantikan anggota MPL, pelantikan anggota BPD dan pelantikan Ketua Umum BPH GBI terpilih.

See also  Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si. : STT IKAT Harus Punya Standar Mutu dan Berdampak

Pdt. Japarlin Marbun menjelaskan pencapaian yang dilaksanakan selama menjadi Ketua Umum, “Jadi 4 tahun kita melakukan pemantapan bidang organisasi, sehingga organisasi kita tertata dengan baik melalui data base yang baik melalui sistem yang baik, kita juga melakukan pemantapan rukmen SDM, pemantapan keuangan yang mantap. Pemantapan kesatuan, sehingga terjadi pekerjaan yang baik, pemantapan hubungan baik pemerintah maupun tokoh agama lainnya sehingga betul-betul membangun hubungan yang baik dengan ketua gereja lain tapi juga tokoh agama lain maupun pemerintah, tingkat rendah sampai yang tertinggi,”.

“Hubungan dengan Camat, Bupati, Walikota, Gubernur, bahkan kepada Presiden pun, telah dijalin baik. Itulah gambaran kemajuan-kemajuan yang GBI capai selama 4 tahun dan tentu kita berharap kedepan lebih maju lagi” ungkap Japarlin Marbun. Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sidang Sinode GBI ke-16, Pdt. Sutadi Rusli menjelaskan bahwa, “Persiapan teknis digelarnya Sidang Sinode bisa dikatakan sudah mencapai 99 persen. Hari ini kita tinggal finalisasi. Intinya kami sudah siap,”.

Hal teknis pelaksanaan pemilihan, Pdt. Sutadi Rusli menjelaskan bahwa Sidang Sinode GBI XVI di SICC ini menggunakan sistem konvensional yaitu dengan cara menulis nama. “Kalau minta sistem digital atau IT, kami sudah siap. Tapi BPH meminta untuk menggunakan sistem menulis nama calon yang dipilih atau manual,”. Lebih lanjut Pdt. Sutadi Rusli mengemukakan figur-figur kandidat Ketum BPH GBI periode mendatang, yakni terdiri dari 4 orang, Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Pdt. Jacob Nahuway, MA., Pdt. Ferry Haurissa, MTh, dan Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, MTh. [Gerejani.com]

See also  Hendardi : Panitia Seleksi Capim KPK Menerima Hasil Tracking Bukan Saja dari KPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *