Satgas Yonif Raider 600/Modang Jemput Para Lansia, Ini Yang Dilakukan

Samarinda, chronosdaily.com – Wilayah perbatasan merupakan Beranda depan Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI) yang memiliki kerawan yang harus selalu diantisipasi, seperti aktivitas illegal logging, illegal minning, human trafficking, pelintas batas, kriminal bersenjata, penyeludupan narkoba, Miras dan lain sebagainya.

Selain tugas pokok tersebut Satgas Yonif Raider 600/Modang (Mdg) di wilayah Timur Perbatasan RI-Malaysia peduli kesehatan hal ini yang mendorong rasa peduli terhadap kesehatan Lansia (Lanjut Usia) menjemput ke rumah warga di Desa Krayan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang di lakukan Satgas Yonif Raider 600/Mdg khusunya Pos Longmidang yang dipimpin oleh Lettu Inf Rivan dan dihadiri langsung oleh kepala desa Long Midang bapak Jovi Supandi, Satgas juga bekerjasama dengan puskesmas di Kecamantan Krayan Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara, Sabtu (19/10/2019).

Sebelum menjalani pemeriksaan dari tim kesehatan, terlebih dahulu para lansia itu mendapat penyuluhan tentang hepatitis dari petugas Puskesmas Krayan. Melalui penyuluhan tersebut, tidak hanya diikuti para lansia, melainkan warga setempat juga sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dansatgas Yonif Raider 600/Mdg Letkol inf Ronald Wahyudi S.E.,M.TR (HAN) menyampaikan “Penyakit yang di derita oleh lansia tersebut bermacam-macam diantaranya adalah Hipertensi (darah tinggi), Arthritis gout (asam urat) , Dispepsia (maag), ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), dengan adanya kegiatan tersebut guna mencegah terjadinya hal negatif yang bisa timbul akibat Hipertensi, misalnya serangan Stroke,” ucapnya.


“Kehadiran tim kesehatan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang sangat disambut baik oleh masyarakat setempat maupun dari Pemerintah Kabupaten Nunukan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan teritorial, khususnya di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat perbatasan,” tukasnya.

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *