Rumah Budaya Indonesia KBRI Tokyo Undang Warga Jepang Wisata Virtual ke Yogyakarta

Tokyo. chronosdaily.com – KBRI Tokyo kembali menyelenggarakan kegiatan Rumah Budaya Indonesia (RBI), kali ini bertema Wisata Virtual “Visit Yogyakarta” Sabtu (28/8) yang menghadirkan narasumber pemerhati budaya Indonesia Katsumata Naohiro atau akrab dipanggil Mas Nao. Acara yang juga didukung oleh KJRI Osaka ini dihadiri oleh Konjen RI Osaka Diana E.S. Soetikno dan istri Duta Besar RI untuk Jepang sekaligus Ketua Dharma Wanita Persatuan Ibu Nuning Heri Akhmadi.

Ibu Nuning Heri Akhmadi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan RBI yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta. “Saya senang sekali karena hari kita dibawa terbang bersama pilot andal kita, Mas Nao yang terkenal sebagai youtuber yang fasih berbahasa Jawa. Lebih senang lagi karena Mas Nao dan saya sama-sama berasal dari almamater yang sama yaitu Universitas Gajah Mada (UGM),” ujarnya.

Konjen Diana mengatakan kegiatan ini dapat memperluas cakupan promosi budaya yang dilakukan RBI, yang pada gilirannya akan semakin memperkuat hubungan Indonesia – Jepang melalui soft diplomacy dalam memperkenalkan potensi wisata dan budaya Indonesia kepada warga Jepang.

See also  Turki, Warisan Peradaban Dunia

Dalam diskusi ini 107 peserta diperkenalkan dengan tempat-tempat wisata di Yogyakarta termasuk sejarah Yogyakarta dan latar belakang menjadi daerah istimewa. Presentasi Mas Nao yang pernah 19 tahun tinggal dan belajar di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta itu dimulai dengan menunjukkan huruf Jawa hanacaraka yang di masa kini tidak bisa dibaca oleh orang Jawa kebanyakan.

RBI kali ini juga menampilkan penari Jawa asal Provinsi Daerah DI Yogyakarta yaitu Wiyantari Sakuma. Bersama suaminya, Shin Sakuma, mereka berdua tinggal di Osaka dan aktif mempromosikan kebudayaan Jawa yaitu tari dan gamelan. Wiyantari pun sering ke luar negeri sehingga mendapatkan Achievement Award dari Kemlu RI.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno menjelaskan, Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata yang yang sangat disukai warga Jepang setelah Bali. Selain dekat dengan lokasi candi Borobudur, Yogyakarta juga merupakan salah satu World Heritage.

Di penghujung acara Visit Yogyakarta peserta menyaksikan demo masak oleh pegiat RBI Ibu Ai, membuat jajan pasar klepon dari bahan ubi.​ [Kemlu/KBRI Tokyo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *