RAN Ungkap Kilang Baru Pasok Minyak Sawit dari Perusahaan Nakal 

Jakarta, chronosdaily.com – Investigasi lapangan Rainforest Action Network (RAN) menemukan PT Rezeki Fajar Andalan sebagai pabrik baru yang terlibat dalam perusakan Kawasan Ekosistem Leuser.

Laporan Leuser Watch terbaru dari Rainforest Action Network (RAN) mengungkap keterlibatan PT Rezeki Fajar Andalan (PT RFA) sebagai kilang minyak sawit baru yang memasok minyak sawit bermasalah dari PT Surya Panen Subur (SPS II).

Disebut, PT Surya Panen Subur (SPS II) itu sebagai perusahaan nakal yang terkenal. Karena membakar dan menghancurkan Ibukota Orangutan Dunia yang ada di Kawasan Ekosistem Leuser.

Direktur Kebijakan Hutan Rainforest Aciton Network (RAN), Gemma Tillack mengungkapkan, hasil investigasi menemukan truk pengangkut minyak sawit dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik SPS II di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Dan memasok minyak sawit ke PT RFA yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada April 2021.

Selain itu, ditemukan juga bukti pengiriman minyak sawit mentah dari PT SPS II kepada PT RFA pada bulan yang sama.

Padahal, RAN selama bertahun-tahun telah mendokumentasikan PT SPS II sebagai perusahaan nakal yang dikeluarkan dari rantai suplai minyak sawit dunia. Karena terus terlibat aktivitas deforestasi dan konflik lahan.

Bahkan, perusahaan ini pernah dibawa ke pengadilan dan didenda karena terbukti melanggar hukum karena membakar hutan lahan gambut Tripa yang terletak di Pantai Barat Aceh.

See also  Realisasi BPUM Capai 100 Persen, Pelaku Usaha Rasakan Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *