Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi PM Papua Nugini di Istana Bogor

Bogor, chronosdaily.com – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG), James Marape, beserta Ibu Rachel Marape di Istana Kepresidenan Bogor, pada Kamis, 31 Maret 2022. Tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.10 WIB, kedatangan delegasi PM Marape turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi di mana lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Selepas itu, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Sementara itu, delegasi Papua Nugini yang hadir antara lain Menteri BUMN William Duma, Menteri Pertahanan Win Daki Bakri, Menteri Kehutanan Solan Mirisim, Kepala Administrasi Pertama Daerah Otonomi Bougainville Peter Tsiamalili, dan Kepala Imigrasi PNG Stanis Hulahau.

See also  Presiden Jokowi Sampaikan Tiga Pandangan pada KTT Perubahan Iklim

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian mengajak PM Marape beserta Ibu Rachel Marape untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama oleh Presiden Jokowi dan PM Marape. Pada kesempatan tersebut, kedua pemimpin menanam pohon Cendana atau Santalum album. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta PM Marape dan Ibu Rachel Marape kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak.

chronosdaily
go

Presiden Jokowi dan PM Marape kemudian menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara. Sementara itu, Ibu Iriana mengajak Ibu Rachel Marape untuk melakukan serangkaian kegiatan pendamping.

Selepas itu, kedua pemimpin kemudian melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan resmi ini kemudian diakhiri dengan jamuan santap siang dari Presiden Joko Widodo di Ruang Garuda.

Turut hadir juga dalam rangkaian acara penyambutan ini yaitu Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani. [Setpres]

See also  DPP Srikandi Masyarakat Adat Nusantara Periode 2021-2024, Resmi Dikukuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.