Prambanan Jazz 2022 Dorong Pemulihan Pariwisata

Yogyakarta, chronosdaily.com – Konser musik tahunan Prambanan Jazz Festival (PJF) akan diselenggarakan pada 1-3 Juli 2022. Pertunjukan yang memasuki tahun ke-8 ini rencananya digelar secara hybrid dari kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan.

Melalui tagline Sewindu Merayakan Rindu, PJF 2022 mengkolaborasikan tiga generasi musik Indonesia ke dalam satu pertunjukan, diantaranya Kahitna, Kunto Aji, Diskoria, Andien dan mlalinnya.

Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi mengatakan bahwa penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2022 sudah disiapkan secara matang dengan pertimbangan protokol kesehatan ketat.

“Kami akan tetap mencoba sehingga ekosistem (musik) tetap bisa berjalan karena perekonomian di daerah ini akan sangat berjalan ketika event-event sudah mulai bergeliat lagi,” katanya.

Prambanan Jazz Festival merupakan kolaborasi antara Rajawali Indonesia dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

Sebagai bagian BUMN Holding Pariwisata di bawah PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, TWC fokus pada tiga aktivasi utama untuk mendorong pariwisata, antara lain sport tourism, cultural tourism dan enternainment tourism.

See also  Tarian Indonesia Tampil dalam Paris CafĂ© Festival 2021

Dirut PT TWC Edy Setijono mengatakan bahwa gelaran PJF 2022 ini merupakan momentum untuk mengorkestrasi pertunjukan seni di tengah agenda Presidensi G20 Indonesia 2022.

“Dunia sekarang sedang menyorot Indonesia. Momentum ini bisa digunakan untuk mendorong pemulihan perekonomian di Indonesia,” ujarnya.

chronosdaily
go

PJF 2022 juga sejalan dengan semangat perhelatan G20 yang salah satu fokusnya adalah pengembangan ekonomi digital. Penyelenggara mengeluarkan non-fungble token (NFT) yang bisa digunakan sebagai tiket masuk pertunjukan.

“Kami berharap ini bisa menjadi model dan bisa dipelajari oleh komunitas-komunitas pertunjukan lainnya. Kita tahu banyak festival musik, tapi saya yakin PJF sejauh ini terbaik di Indonesia,” ungkapnya. [Kemenbumn]

Leave a Reply

Your email address will not be published.