Phil Artha Senna : Fantasy Premier League, Tak Sekadar Game Akhir Pekan

Terpujilah pembuat game bola online!

Terpujilah penemu Alogaritma dan Matematika!

Terpujilah pembuat internet! 

Olanda, warga perumahan di Cilebut, Kabupaten Bogor, bersorak dalam hati. Posisi timnya yang ia mainkan di Fantasy Premier League (FPL) local khusus warga perumahannya melonjak di posisi pertama Game Week 1.

“Kalau Gue awal kayaknya beruntung doang hehehe, kesini-sininya baru belajar analisanya, mulai ngikutin berita FPL, nonton pertandingan. Tapi sekarag sudah melorot ke urutan 2 dengan total nilai 20,” akunya ketika diatanya kenapa ikut FPL.

Sementara bagi Fahmi sebagai newbie,”Saya newcomer FPL untuk musim ini, sebenernya udah lama diajak sama temen SMA buat ikut ginian tapi baru dapet ilham sekarang. Ternyata eh ternyata bikin nagih. Yang jelas ilmu penerawangan dan kebatinan butuh maen ginian,” katanya.

Bagi Albert lain lagi. Kata dia yang sudah ikut lebih dari lima musim permainan FPL karena diajak teman. “Saya pertama kali sekitar 5 tahun yang lalu, diajak ikut liga temen-temen di Kompas, masih jamannya Wayne Rooney, tapi nggak terlalu intens maennya,  coba-coba doang.  Baru intens nguliknya 2 tahun belakangan aja karena di kantor ada liganya dengan sistem hadia nya “arisan” per peserta,” katanya sambal tersenyum.

Sementara bagi Harso, penggemar Liverpool, awalnya cuma coba-coba tapi keterusan hingga musim ke tiga. Benar ucapan Olanda, Fahmi, Albert dan Harso, kini mereka rajin untuk mengikuti informasi perkembangan semua pemain-pemain liga Inggris.

Kenapa game FPL menarik bagi mereka? Jawabannya tadi awalnya iseng saja. Tapi lama-lama ada sesuatu yang membuat candu. Bermula dari kegemaran menonton sepakbola lalu melirik data-data statistik pemain dan klub. Bahkan mereka yang lebih fanatik, menjadi suporter yang rela merogoh kocek untuk membeli pernak-pernik sepakbola, datang ke stadion untuk melihat kesebelasan kesayangan berlaga, rajin nobar di kafe atau mengaku sambil terisak pada Istri anda berapa uang belanja yang kamu tilep untuk memuaskan dahagamu akan akan sepakbola. Bisa juga cara lainnya yang penting tersalurkan hobi dan kepuasan hati dan mata!

See also  Ws. Dra. Lucia Herawati : Peran Perempuan Khonghucu Saat Pandemi Covid-19

Lalu, muncul FPL yang membawa aliran pemahaman bahwa arti menjadi fan sepakbola tak hanya tadi di atas. Lebih dari itu, penggemar fanatik harus tahu seberapa sering pemain idolanya memberikan operan penting yang akurat alias assist, sebesar apa kemungkinan gol yang pemain itu buat, atau seberapa kipper kesayangan bisa menyelamatkan gawannya dan lainnya. Dari situlah penggemar sepakbola tak cuma cari info lokasi nobar yang ramai tapi kini melototi statistik pembuat gol hingga pemain yang cedera. Game ini jadi bukti sahih seorang fanatic sepakbola menunjukkan bahwa dia punya pengatahuan yang lebih mumpuni tentang sepakbola dibanding kawanannya. Poin dalam game ini diberikan berdasarkan goal dan assist yang dibuat serta performa sebagai pemain terbaik dalam sebuah laga. FPL menjadi ajang berita liga menjadi lebih greget dari aslinya- hehehe semoga tak lebay.

FPL adalah sebuah dunia tersendiri yang tahun ini 2019-2020 dihuni oleh 5 jutaan pemain yang berprofesi sebagai manajer dari seluruh dunia. Tapi angka itu bisa menyusut hingga akhir kompetisi. Inilah dunia maya yang penuh hiruk yang selau menarik para penggila game. Hiruk pikuk itulah yang juga merambah kaum bapak di komplek rumah saya, ya di sini di daerah pinggiran kota Bogor bernama Cilebut. Kami menamai kompetisi FPL kami dengan sebutan NAC Legue 2019/2020. Kompetisi ini seakan menarik dan menunjukan siapa yang beruntung dengan memasang Ergio Aguerro atau Pukki atau juga Moh. Salah untuk jadi kapten di game di akhir pekan.

See also  Sunardian Wirodono : Mengukur Kinerja Gubernur

 Pilih tepat, Nilai Besar

Dalam FPL, gamers hanya boleh memilih 15 pemain di tiap minggunya. Syarat lainnya, Gamers cuma bisa memilih tiga pemain dari kleb yang sama. Setelah itu, gamers dapat memasang pemain-pemain pilihan dengan formasi sesuka hati seperti 4-4-2, atau 5-3-2, 3-5-2 atau lainnya dengan tujuan mendapatkan poin setinggi mungkin saat game dimainkan. Poin diperoleh oleh setiap formasi dihitung dari performa tiap pemain yang dipasang dalam kompestisi EPL sesungguhnya. Di sinilah menariknya. Jika hasil kompetisi minggu yang diikuti jeblok maka hasil FPLnya bisa jeblok bisa juga tidak karena formasi pemain yang dipasang tadi. Modal bagi masing-masing pemain diberikan oleh system sehingga para gamers bisa menentukan hingga akhir kompetisi nanti. Jadi dalam FPL ini, gamers belajar mengatur keuangan dengan sistem poin sederhana yang berdasarkan apa yang terjadi selama satu musim kompetisi EPL. Jadi, yang menentukan pilihan pemain yang tepat maka hasilnya oke. Bagi gamers seperti saya yang baru, bermain FPL seperti makan bubur ayam yang diaduk atau tidak diaduk di pagi hari yang membuat mata kelip-kelip karena nikmatnya dan pengen terus tiap harinya. Halahhh

Aturan dalam FPL mudah dipahami, nilai diberikan untuk gol, assist dan clean sheet. Nilai juga bisa berkurang jika pemain yang dipasang menerima kartu kuning, kartu merah, klub kebobolan empat gol dan gagal penalti. Pemilihan Kapten juga penting. Karena kapten yang dipilih bisa mendapatkan nilai ganda dan tiap minggu dapat jatah satu transfer gratis agar bisa merotasi pemain lain. Atau ada layanan wildcard dan tiga kapten jika beruntung. Lamanya seorang pemain beraksi di lapangan yang sesungguhnya juga berpengaruh pada skor akhir. Contoh: jika 11 pemain dipilih tidak diturunkan di pertandingan sesungguhnya, maka empat orang pemain cadanganmu akan “mengantikan” mereka secara berurutan. Para pemain yang dipasanga akan diatur secara matematik dan logaritma system yang sudah dirancang FPL, jadi santai aja untuk dinikmati dan berharap para pemain EPL pada main bagu semua sehingga hasilnya juga bagus nilai di FPL. Di sinilah jadi bahan antar anggota liga di komplek rumah saya. “Amsiooonggg….!” Itu kata teman saya yang semua pemain yang dipasang tidak menghasilkan poin besar. Dan sangking penasaran untuk kejar poin, ada tetangga saya yang memasng 2 kleb dalam satu liga…hehehe nafsu yak.

See also  Benny Sabdo : ASN Dalam Perebutan Kekuasaan Pilkada

 Kaos KW sebagai Hadiah

Daya tarik yang juga jadi kesepakatan para gamers di liga komplek saya adalah kaos bola KW kleb terkenal. KW? Hahaha..iya. Inilah kesepakatan dari peserta liga komplek bahwa di akhir kompetisi nanti yang menang atau berada di posisi paling atas akan mendapat hadir kaos bola KW dari penyumbang. Tentu saja ini menarik. Bukan soal kaos KW-nya tapi karena kebersamaan dan ledek-ledekannya tiap minggu sehingga para gamers jadi ketagihan.  Pertadningan akan masuk game week ke 5 seteah jeda internasional. Pembicaraan anggota grup lewat Wa grup, belum masang para pemain karen ameliha kondisi para pemain, apakah ada yang cedera atau tidak.  Saya sih, senyum-senyum aja dengan keyakinan bahwa posisi 11 bakal ke kerek ke atas lagi. Hehehe semoga bray.

 

Phil Artha Senna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *