Petugas dan Warga Gotong Royong Angkut Lumpur Saluran PHB Lagoa

Jakarta, chronosdaily.com – Petugas gabungan dari Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) bersama warga bergotong royong mengangkut lumpur di saluran air penghubung (PHB) RW 03-04 Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara. Kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi dalam menghadapi musim penghujan.

Lurah Lagoa Muhamad Mujakir mengatakan, kegiatan pengangkutan lumpur diawali dengan apel petugas dan warga sekitar, Minggu (3/11/2019). Ditargetkan kegiatan berlangsung hingga sepekan.

“Tadi pagi kita awali kegiatan dengan apel guna memberikan stimulus semangat dalam bergotong-royong,” kata Mujakir, saat dikonfirmasi, Minggu (3/11/2019).

Dijelaskannya, petugas dan warga akan mengangkut lumpur di saluran air PHB Lagoa sepanjang 1,2 kilometer. Pengangkutan dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat berat.

“Kita harapkan dengan pengangkutan lumpur maka aliran air lancar. Apalagi saat ini mulai memasuki musim penghujan,” jelasnya.

Ke depannya, dia pun berencana akan melakukan pengangkutan lumpur di sepanjang Kali Gendong. Dikarenakan lebar kali mencapai tiga meter, makan pengangkutan lumpur akan menggunakan alat berat amphibi milik SDA Jakarta Utara.

“Untuk yang di Kali Gendong masih tahap sosialisasi. Dihimbau kepada warga agar turut menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah ke saluran air dan secara berkala membersihkan saluran agar aliran air lancar saat hujan turun,” tutupnya. [Johan Sopaheluwakan]

chronosdaily

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *