Pertemuan Pertama High Level Task Force on Asean Community’s Post-2025 Vision

Jakarta, chronosdaily.com – High Level Task Force (HLTF) on ASEAN Community’s Post-2025 Vision telah memulai pertemuan pertamanya pada 31 Maret – 1 April 2022 di Sekretariat ASEAN, Jakarta. HLTF dibentuk berdasar keputusan the 37thASEAN Summit tahun 2020 di Vietnam untuk menyusun Visi ASEAN Pasca 2025. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Mahendra Siregar, Wakil Menteri Luar Negeri sebagai Eminent Person (EP), dan Sidharto R. Suryodipuro, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN sebagai High Level Representative (HLR). 

HLTF dalam pertemuan pertama ini membahas mekanisme kerja HLTF dalam menyusun Visi Masyarakat ASEAN Pasca-2025, modalitas konsultasi HLTF dengan para pemangku kepentingan di ASEAN, rencana kerja HLTF tahun 2022, dan elemen inti Visi Masyarakat ASEAN Pasca-2025.

Indonesia secara khusus juga menyampaikan kembali agenda penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN. Pembahasan agenda ini dalam Pertemuan HLTF merupakan tindak lanjut atas keputusan Para Menteri Luar Negeri ASEAN dalam AMM Retreat 2022.

“Periode Visi ASEAN Pasca-2025 bertepatan dengan era ASEAN Centrality in Asian Century. Dalam masa tersebut, sentralitas diplomatik, geografis, dan institusi ASEAN akan berpengaruh terhadap situasi politik, keamanan, dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik. Karena itu, sangat mendasar bagi ASEAN untuk melengkapi Visi Pasca-2025 dengan penguatan kapasitas dan efektivitas institusi ASEAN,” papar EP Mahendra Siregar kepada para anggota HLTF.

See also  Presiden Jokowi Terima Aktivis Lingkungan Togu Simorangkir di Istana

chronosdaily
go

Pada pertemuan pertama ini, HLTF juga melakukan interaksi dengan Sekjen ASEAN dan Komite Perwakilan Tetap untuk ASEAN (Committee of Permanent Representative to ASEAN–CPR). Selain itu, secara komprehensif mendapatkan update perkembangan pembangunan komunitas ASEAN pada pilar politik dan keamanan, ekonomi, sosial-budaya serta konektivitas ASEAN dari Sekretariat ASEAN.

Visi ASEAN Pasca 2025 dijadwalkan untuk disampaikan oleh HLTF kepada Para Pemimpin ASEAN pada tahun 2025. Sebelumnya, HLTF akan menyampaikan rekomendasi penguatan kelembagaan ASEAN kepada Para Pemimpin ASEAN pada KTT ke-40 dan ke-41, November 2022.​ [Kemlu]

Leave a Reply

Your email address will not be published.