Peringati Hardiknas 2021, KBRI Thailand Gelar Webinar Pendidikan Daring Menyenangkan

Bangkok, chronosdaily.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) turut serta memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 dengan menyelenggarakan webinar bertajuk “Pendidikan Daring yang Menyenangkan pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan KBRI Bangkok terhadap pendidikan Sekolah Indonesia Luar Negeri di Bangkok pada masa pandemi Covid-19.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Thailand, YM. Rachmat Budiman, memberikan apresiasi serta berharap kegiatan ini dapat berlangsung terus sehingga pendidikan bagi sekolah yang ada di Thailand pada masa daring dapat berjalan dengan baik.

“Terima kasih kepada Atdikbud yang terus mengupayakan pendidikan bagi pelajar yang ada di Sekolah Indonesia Bangkok agar semakin berkualitas. Saya harap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada peringatan Hardiknas 2021, namun harus ada wujud nyata dampak webinar ini” ujar YM. Rachmat Budiman saat membuka acara secara daring, di Bangkok pada Kamis (6/5).

Pada kesempatan yang sama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Bangkok, Achmad Wicaksono mengatakan, kegiatan webinar ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pembelajaran dan memotivasi para guru dan murid dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

“Semoga apa yang kita harapkan dari webinar ini bisa kita capai, sehingga pendidikan kita di masa pandemi ini tetap berjalan dengan baik dengan mutu yang terbaik,” ucap Achmad Wicaksono.

Kepala Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), Susianto dalam laporannya menyampaikan webinar ini dihadiri oleh 300 lebih peserta yang terdiri atas siswa-siswi SIB, guru, orang tua, diaspora Indonesia di Thailand dan juga peserta dari Indonesia. Adapun narasumber yang hadir, yaitu Guru Besar Universitas Brawijaya, Suhardjono dan Guru Besar Universitas Negeri Semarang, Tri Marhaeni Pudji Astuti.

Sebelumnya, pada puncak peringatan Hardiknas tanggal 2 Mei 2021, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Songkhla telah menyelenggarakan upacara bersama dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) wilayah Songkhla di Prince of Songkhla University (PSU), Hatyai, Thailand Selatan.

Upacara tersebut dihadiri Konsul Jenderal RI di Songkhla, Fachry Sulaiman, Ketua Dharma Wanita Persatuan KRI Songkhla, serta pegawai dan Dharma Wanita yang ada di KJRI. Pada kesempatan ini, disampaikan juga tanda tali asih dari Dharma Wanita Persatuan KRI Songkhla untuk mahasiswa dan keluarganya yang berada di PSU, Hatyai.

Adapun untuk mahasiswa di luar Songkhla, Dharma Wanita Persatuan KRI mengirimkan bingkisannya langsung ke rumah mahasiswa mengingat saat ini ada pemberlakuan pembatasan pergerakan akibat pandemi Covid-19. Sebagai informasi, keadaan mahasiswa Indonesia di Thailand dalam kondisi baik dan antar mahasiswa secara intens terus melakukan komunikasi terkait update studi mereka.[Kemendikbudristek]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *