Pemilihan Kecamatan Terbaik Sumatera Utara, Siantar Timur Wakili Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, chronosdaily.com – Kecamatan Siantar Timur menjadi kecamatan yang mewakili Kota Pematangsiantar dalam lomba pemilihan Kecamatan Terbaik Se-Sumatera Utara. Proses penilaiannya pun sudah dilakukan oleh Tim Pemerintah Provinsi Sumut. Dilaksanakan di Lapangan Santiago, Jalan Siatas Barita, Pematangsiantar, pada Kamis (10/10/2019).

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah menyambut dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai dari Provinsi Sumut ke wilayahnya. “Kami mengucapkan selamat datang kepada tim Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 beserta rombongan di Pematangsiantar, kota yang sejuk dan toleran,” ujar Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah.

Di hadapan undangan yang hadir, Hefriansyah mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu indikator penting bagi pemerintah daerah. Terutama untuk mengukur penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pemerintahan umum, pemberdayaan masyarakat, ketenteraman dan ketertiban umum, pengawasan penyelenggaraan kelurahan  dan sebagainya. Kegiatanj itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

“Berbagai tahapan telah kita lalui dalam rangka penentuan Kecamatan Siantar Timur sebagai utusan Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk mengikuti Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun ini,” katanya.

Hefriansyah berpesan kepada camat agar melaksanakan sungguh-sungguh fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap anggaran kelurahan sebagaimana yang diamanatkan Pasal 18 Permendagri Nomor 130 Tahun 2018. Hefriansyah mengingatkan agar penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan melalui swakelola oleh kelompok masyarakat dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh segenap lapisan masyarakat.

Sedangkan kepada seluruh lurah dan kelompok masyarakat (pokmas) se-Kota Pematangsiantar, khususnya di Kecamatan Siantar Timur,  Walikota berharap agar senantiasa melaksanakan kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. “Dengan begitu tidak terjadi penyimpangan terhadap proses maupun pertanggungjawaban dari keseluruhan kegiatan tersebut,” ujar Hefriansyah.

Dalam pelaksanaan Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik tersebut, Camat Siantar Timur Robert Sitanggang dan Ketua TP PKK Siantar Timur melakukan presentasi langsung di depan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dan Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Utara,TP PKK Kecamatan, Kelurahan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta masyarakat.  Tim penilai  terdiri dari Koni Ismail Siregar, Damar Wulan, Ahmad Yamin, Amir Mahmud, Putra Landri Sitepu, M Liga Dakwa Daulay, Endang Julail, Nurmawati Simanjuntak, dan Aidil Azhar. [Jon]

chronosdaily

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *