Pemerintah Lewat TNI AU akan Evakuasi WNI di Wuhan

Jakarta, chronosdaily.com – Pemerintah Indonesia lewat TNI Angkatan Udara rencananya akan memberangkatkan dua pesawat Boing 737 dan 1 unit Hercules C130 serta 1 batalayon kesehatan untuk mengevakuasi warga Indonesia yang ada di Wuhan, Cina. Rencana itu disampaikan lewat twitter resmi TNI AU @_TNIAU, Rabu (29/1).

Setidaknya hingga saat ini tak ada warga negara Indonesia (WNI) di China yang terjangkit wabah 2019-nCoV atau yang dikenal sebagai virus corona hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, seperti dikutip CNBC, Senin (27/1) lalu.

Jumlah WNI yang tinggal di daerah yang dikarantina mencapai 243 jiwa dan mayoritas dari mereka merupakan mahasiswa. Lokasi para WNI tersebar di sejumlah daerah, termasuk Wuhan yang menjadi pusat wabah virus corona, serta Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan.

Hingga Rabu (29/1) China National Helath (CNH) melaporkan 132 orang yang meninggal dunia, 5.974 terjangkit virus, 9.239 suspek, 16 negara yang sudah konifrmasi terjangkit. BBC melaporkan Australia mengkarantina warganya yang suspek yang baru tiba dari Wuhan di Pulau Christmas selama dua minggu. Jarak Pulau Christmas dengan daratan utama sejauh 2000 km. Hal yang sama juga akan dilakuka oleh Jepang, amerika dan Uni Eropa.(berbagai sumber/ars)

Leave a Reply

Your email address will not be published.