Peluncuran Koja Trans Capsule Bus Berbasis Online di Jambi Pertama Kali di Indonesia

Jambi, chronosdaily.com – Walikota Jambi Syarif Fasha melaunching Capsule Bus berbasis aplikasi online pertama kali di Indonesia bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Senin, 28 Oktober 2019. “Tahun ini cukup istimewa karena memiliki pemimpin baru Presiden dan jajaran Kabinetnya. Semoga hal ini juga merupakan energi positif bagi semua lapisan masyarakat khususnya pemuda Jambi dan Indonesia untuk berbuat lebih baik untuk kemajuan bangsa sesuai era digital ujar Walkot Jambi.

Pemkot Jambi bermitra dengan Forkompimda PT. Multi Digital Transportasi pada kesempatan itu melauching 28 Capsule Bus. Selanjutnya akan ditingkatkan menjadi 200 capsule bus dari target keseluruhan sejumlah 1000 buah Capsule bus. MDT Multi Digital Transportasi yang tergabung dalam MIS Multi Inti Sarana Group sebagai mitra Pemkot Jambi siap melakukan edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat kota Jambi terkait moda transportasi berbasis online tersebut.

Bagi masyarakat kota Jambi pengguna Koja Trans Capsule bus harus mengunduh aplikasi Capsule Bus di smartphone. Posisi dan jam keberangkatan akan langsung termonitor setelah mengunduh aplikasi tersebut. Pembayaran menggunakan uang elektronik, penumpang tinggal melakukan tap cash di pintu masuk bus.

Penumpang dalam perjalanan dapat menikmati free WiFi, USB Charger, dan sajian multimedia. Tombol berhenti dan ditekan jika sudah tiba di lokasi tujuan. Ketersediaan CCTV, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus, dan pintu darurat merupakan kepedulian PT. MDT terhadap faktor keamanan bagi penumpang Capsule Bus. Saat ini pembayaran masih menggunakan kartu Flazz BCA, kedepannya diupayakan transaksi non tunai dengan kartu elektonik bank lain.

Dipilihnya kota Jambi oleh PT. MDT selaras rencana Pemerintah Kota Jambi untuk membangun moda transportasi modern sesuai konsep Smart City. Walikota Jambi Syarif Fasha dan masyarakat menyambut antusias hadirnya Koja Trans Capsule Bus. Diharapkan mampu mengubah kebiasaan masyarakat Jambi dalam hal memanfaatkan moda transportasi angkutan umum dari konvensional beralih ke smart transportasi berbasis online. Sekaligus menjadi solusi cerdas mengatasi kemacetan lalu lintas. Pengoperasian transportasi modern Koja Trans Capsule Bus menjadi kebanggaan dan ikon baru masyarakat Jambi,” kata Syarif.

Bus Rapid Transit (BRT) berkapasitas 14 kursi. Capsule Bus dilengkapi peta yang disesuaikan dengan koridor bus yang tersedia. Saat ini Pemkot Jambi telah menyiapkan beberapa koridor untuk Capsule Bus. Chairman MIS Multi Inti Sarana Group Tedy Agustiansjah pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa kehadiran Koja Trans Capsule bus di kota Jambi merupakan wujud komitmen MIS Group dalam membangun usaha dengan karakter Purpose Driven Innovation. “Kami berharap Koja Trans Capsule Bus tidak hanya akan menciptakan keteraturan, meningkatkan disiplin waktu di masyarakat kota Jambi, juga membantu mempermudah mobilitas masyarakat yang didukung fasilitas transportasi modern yang murah, aman, dan nyaman,” ujar Tedy. [Johan Sopaheluwakan/Lili Judiarti]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *