Pecatur Usia 6 Tahun, Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia 2024

Adi Wibisana Sankara (7), atlet muda catur asal Sulawesi Selatan. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Jakarta, chronosdaily.com – Satu kabar prestasi generasi muda Indonesia kembali mengemuka, setelah pecatur berusia 6 tahun bernama Adi Wibisana Sankana terpilih mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior di Taiwan pada Mei 2024.

Fakta ini dikemukakan oleh Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulawesi Selatan Hamka, yang menegaskan bahwa Adi Wibisana akan mewakili Indonesia, setelah dirinya berhasil menorehkan prestasi emas pada kejurnas catur di Jakarta International Expo Kemayoran, 14-19 Maret 2023.

“Kejurnas Catur 2023 Jakarta memang menjadi ajang seleksi untuk menghadapi kejuaraan dunia junior di Taiwan. Kita bersyukur Adi bisa meraih medali emas sekaligus berhak mewakili Indonesia di ajang tersebut,” ujarnya, seperti dirilis Kantor Berita Antara.

Dijelaskan juga bahwa Adi menjadi satu-satunya atlet yang akan tampil di kejuaraan tersebut. Hamka mengatakan juga bahwa peluang Adi untuk mempersembahkan prestasi di Kejuaraan Dunia Junior 2024, sangat terbuka lebar. Faktornya adalah, selain usia Adi yang saat ini masih 6 tahun dan memiliki potensi besar, juga dikarenakan ajang tersebut biasanya tidak diikuti terlalu banyak peserta.

chronosdaily

“Saya kira sangat mungkin meraih prestasi mengingat pecatur di usianya yang tidak terlalu ketat.Untuk pesertanya juga terbatas hanya sekitar 15 peserta yang mewakili setiap negara,” tambahnya.

Diinformasikan bahwa sebelumnya, Adi berhasil meraih medali emas kategori catur standar usia 7 tahun di Kejurnas Catur Jakarta 2023.

 

See also  Erick Thohir : Pembangunan IMS Bukti Negara Serius Tingkatkan Prestasi Olahraga Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *