Nelayan Menengarai Ada Oknum Aparat Ijinkan Trawl Beroperasi di Perairan Sumatera Utara

Medan, chronosdaily.com – Lama tak terdeteksi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku kecolongan dengan masuknya kapal penangkapan ikan secara ilegal atau adanya praktek ilegal fishing yang menggunakan alat tangkap terlarang trawl. Nelayan sekitar menengarai ada oknum dari pihak aparat yang bermain dan mengijinkan aktivitas pukat trawl di perairan Sumatera Utara.

“Kita selesaikan pencuri ikan dari luar, namun mereka masuk kembali kita tidak waspada. Tiba-tiba dalam satu tahun enam bulan terakhir muncul kapal-kapal trawl ratusan dan mulai masuk wilayah Pantai Barat Sumatera, Sumatera Utara turun sampai ke wilayah Sumatera Selatan,” kata Susi, saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (19/9).

Setelah diselidiki, masuknya kapal-kapal tangkap ikan tersebut karena kelengahan para petugas di lapangan. Kesibukannya selama ini menjadi celah buat para oknum tersebut. Masuknya kapal-kapal trawl baru maupun lama yang di modifikasi menjadi indikasi adanya permainan terselubung dan bukan tidak mungkin ulah oknum aparat setempat. Akibatnya, sebagian wilayah yang sudah dimasuki kapal-kapal tersebut membuat konflik horizontal masyarakat tradisional setempat. Karena tidak terima, pancingnya tertarik oleh jaring kapal-kapal tersebut.

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *