Menag Dorong Produk Halal Indonesia Masuk Pasar Haji Dunia

Jeddah, chronosdaily.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendorong produk halal Indonesia masuk pasar haji dunia. Demikian disampaikan Menag saat mengunjungi stan “Wonderfull Indonesia” pada pameran Hajj and Umrah Services Conference and Exhibition 2024 yang diadakan di Jeddah, Arab Saudi.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari, mulai 9 hingga 11 Januari 2024 itu diikuti 19 pelaku ekonomi kreatif Tanah Air. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini yang diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan keterlibatan pada pasar haji.

“Pertama saya senang sekali, karena tahun lalu saya belum menemukan booth- booth seperti ini. Insya Allah tahun depan mudah-mudahan kita dorong jangan kalahlah dengan booth-booth yang punya bangsa lain,” kata Menag Yaqut di Jeddah, Selasa (9/1/2024).

“Kita ini bangsa besar dan menurut saya, layak untuk kita munculkan brand-brand yang kita punya, terutama produk halal kita harapkan dapat masuk pasar haji,” sambungnya.

Turut hadir mendampingi Menag, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) M. Aqil Irham, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Staf Ahli Menag Abu Rokhmad, dan Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie.

Menag menyatakan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk mendorong agar produk yang diolah anak bangsa ini dapat dinikmati oleh masyarakat internasional, terutama untuk jemaah haji. “Mudah-mudahan ke depan lebih masif. Saat ini sudah mulai menggunakan regulasi untuk katering dan bumbu harus dari Indonesia untuk katering jemaah haji,” tuturnya.

“Mudah mudahan teman-teman UMKM dapat lebih agresif lagi untuk berinovasi dan merebut pasar. Saya senang di sini juga sudah tersertifikasi halal semua produk indonesia yang dipamerkan,” sambungnya. [Kemenag]

See also  Bupati dan Wakil Bupati Paser Silaturahmi ke Gubernur dan Wagub Kaltim

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *