Kopi Indonesia Terima Pengakuan Internasional

Den Haag, chronosdaily.com – 36 varietas kopi yang mewakili produk dari 22 petani dari berbagai sentra produksi kopi di Indonesia menerima sertifikat pengakuan dari Coffee Cupping International pada Senin, 13 Desember 2021 lalu.

Acara awarding bertajuk “Coffee Cupping International Certificate Awarding 2021″ yang dilakukan secara virtual ini merupakan kelanjutan dari suksesnya kegiatan Indonesia Coffee Cupping pada 2 September 2021 lalu di Den Haag dengan melibatkan sekitar 50 partisipan yang terdiri dari potential coffee buyers, importir, cuppers, barista, vloggers dan pemilik café di Belanda.

Penyerahan sertifikat serta upaya promosi ini merupakan langkah strategis untuk dapat menembus dan meningkatkan ekspor di pasar international, khususnya Belanda. Produksi kopi nusantara yang kaya akan keunikan dan profil rasa yang bervariasi untuk dapat bersaing di pasar Eropa, bahkan dunia.

Pada pembukaan kegiatan, Duta Besar RI Den Haag, Mayerfas, menyampaikan pentingnya kerja sama antar seluruh pihak untuk terus mendorong ekspor kopi nasional. “Hal ini tidak dapat dilakukan melalui promosi produk kopi saja, melainkan juga harus didukung dengan peningkatan kualitas kopi Indonesia yang optimal” ujarnya.

See also  Presiden Jokowi Tegaskan RI Siap Berkontribusi untuk ASEAN Agar SDGs Terwujud

Indonesia saat ini merupakan produsen kopi terbesar ke-4 dunia. Pada 2020 terdapat peningkatan produksi sebesar 14% dari tahun sebelumnya, yakni dari 660 ribu ton menjadi 754 ribu ton kopi. Dari sekitar 1,2 juta hektar perkebunan kopi, mayoritas dimiliki oleh petani skala kecil. Sebagian besar produksi ini kemudian dipasarkan ke pasar internasional, termasuk Belanda sebagai salah satu tujuan ekspor potensial.

Nilai ekspor kopi Indonesia ke negara kincir angin pada 2020 mencapai 5,6 juta USD, dengan kenaikan tren sebesar 23,4% dalam 5 tahun terakhir. Nilai ini tentu sangat kecil mengingat Belanda sendiri menjadi salah satu negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di Eropa dan Dunia dengan rata-rata konsumsi 8,3 kg per kapita atau sekitar 4 gelas per harinya.

Hal ini juga merupakan simpulan dari analisis pasar melalui upaya promosi One Day with Indonesia Coffee Fruits and Floricultures (ODICOFF) yang merupakan kegiatan pertemuan dengan para buyers dengan KBRI Den Haag, yang dengan sukses terselenggara atas Kerjasama dengan Kementerian Pertanian pada 26 November 2021 di Rotterdam, Belanda.

See also  Harti Hartidjah : Negara Harus Bertindak Tegas, Tepat dan Cepat

Selain itu, Dubes Mayerfas yang hadir secara virtual didampingi Atase Perdagangan KBRI Den Haag, Sabbat Christian Jannes, juga secara khusus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Astra International yang telah banyak membantu petani kopi binaannya melalui program Desa Sejahtera Astra dalam meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan serta pengiriman sampel kopi yang dapat dipromosikan pada kegiatan coffee cupping.

Acara ini merupakan bukti nyata komitmen KBRI Den Haag dalam membangun kerja sama dan kolaborasi antar berbagai pihak untuk terus meningkatkan kualitas kopi Indonesia, khususnya pada masa sulit pandemi COVID-19 agar dapat berkompetisi dalam pasar kopi Internasional.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama apik antara KBRI Den Haag dengan Coffee Cupping International, Diplomat TV, Astra International, dan CSA logistics yang turut berperan penting dalam menyukseskan rangkaian penyelenggaraan Coffee Cupping 2021, serta para pegiat industri kopi nasional maupun internasional.  [Kemlu]

Leave a Reply

Your email address will not be published.