Kesulitan Ekonomi, Para Pekerja di RSUD Kabupaten Dairi Tak Kunjung Terima Upah

Dairi, chronosdaily.com – Para pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dairi mengeluh karena belum menerima upah. Hal itu disampaikan oleh beberapa pegawai RSUD Kabupaten Dairi yang tidak ingin disebutkan namanya. Salah seorang pegawai mengaku, di musim pandemi Covid-19 ini sangat membutuhkan uang untuk biaya hidup sehari-hari dan kebutuhan anak sekolah. “Upah kita bulan Juli belum dibayar. Sementara kondisi sekarang ini saya sedang butuh biaya untuk kebutuhan kami sehari-hari,” tutur pria yang tidak ingin disebut namanya, di RSUD Kabupaten Dairi, Rabu (11/8/2021).

Padahal, kata dia, saat ini  juga anaknya sedang membutuh henpon atau gadget untuk mengikuti kegiatan belajar sekolah secara daring. Selain itu, lanjutnya, pihak RSUD Kabupaten Dairi juga belum membayarkan jasa pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak bulan Oktober 2020.

Sedangkan jasa pelayanan umur baru dibayarkan dua bulan terakhir. “Selain gaji pokok, biasanya kami dapat jasa pelayanan BPJS dan jasa pelayanan umum. Tapi jasa pelayanan umur kami sejak Oktober tahun lalu belum dibayarkan. Dan kami baru di bayarkan jasa pelayan umum baru dua kali,” terangnya.

Di tempat yang sama, seorang pegawai yang juga tidak ingin diungkapkan namanya mengaku prihatin dengan kondisinya yang sedang mereka hadapi saat ini. Ia menilai, pihak RSUD seolah tidak peduli dengan situasi ekonomi para pegawai yang sedang mengalami kesulitan. “Cobalah bayangkan, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Kami gajian enggak menentu. Sementara kami kerja di RSUD ini. Penghasilan kami dari mana lagi selain dari sini,” ujarnya.

Ia pun mengaku, saat ini sedang membutuhkan biaya untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Sementara itu, Direktur Utama RSUD Kabupaten Dairi, Sugito Panjaitan sampai saat ini bungkam saat dikonfirmasi.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dari, Ruspal L.R Parluhutan Simarmata. Dia tidak memberikan respon saat dimintai tanggapan terkait belum dibayarkannya upah para pegawai RSUD Kabupaten Dairi. [Jon]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *