Kemenag Dukung Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal

Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas/Suara

Jakarta, chronosdaily.com – Kementerian Agama mendukung peluncuran program Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Industri Halal. Program ini dicanangkan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang  sekaligus Ketua Harian Komite Nasional Keuangan & Ekonomi Syariah (KNEKS).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa sebagai salah satu anggota KNEKS, Kementerian Agama menyambut baik kick off program sinergi ini. Menag mengatakan, sinergi ini memiliki irisan dengan salah satu tugas Kementerian Agama, yaitu sebagai penyelenggara Jaminan Produk Halal (JPH).

“Kemenag juga terus berakselerasi menyiapkan beragam infrastruktur yang mendukung terwujudnya Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia pada 2024 sebagaimana dicanangkan Bapak Wakil Presiden sebagai Ketua Harian KNEKS Oktober 2020,” kata Menag saat memberikan sambutan secara virtual pada peluncuran program Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Industri Halal, Rabu (25/8/2021).

Beberapa hal yang telah dilakukan Kemenag, lanjut menag, di antaranya adalah mengintegrasikan sistem pelayanan sertifikasi halal dengan OSS secara online melalui web SIHALAL. Kemenag juga melakukan penyederhanaan proses sertifikasi halal yang sudah diundangkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Pelayanan sertifikasi yang semula 3 bulan dipangkas menjadi hanya 21 hari.

See also  Pupuk dan Tanamkan Jiwa Patriotisme Kodim 0913 PPU Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *