Kemenag dan Daarul Quran Jajaki Sinergi Program Dakwah dan Pemberdayaan Umat

Jakarta, chronosdaily.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini menerima pengurus Yayasan Daarul Quran Indonesia. Hadir, Dewan Pembina, KH Yusuf Mansur, Direktur Utama, Abdul Ghofur, Diretur Operasional Abdul Sidik. Ikut mendampingi Menag, Dirjen Pendidikan Islam, Ali Ramdhani, Sekretaris Dirjen Bimas Islam dan Fuad Nazar.

Pertemuan ini membahas rencana kolaborasi dalam program dakwah, pendidikan, dan pemberdayaan umat. “Tawaran kolaborasi dari Yayasan Daarul Qur’an ini menarik dan komprehensif. Yayasan Daarul Qur’an cukup dikenal, dalam menjaga Quran sangat luar biasa sekali dengan 1.200 an lebih rumah tahfiz. Saya kira dengan 86 lembaga pendidikan yang dimiliki Yayasan Daarul Qur’an bisa dikolaborasikan, sangat menarik,” kata Menag Yaqut, di ruang kerja Lapangan Banteng, Selasa (3/8/2021).

Pertemuan ini antara lain membahas pengembangan pendidikan, pemberdayaan zakat, infak, dan wakaf. Dibahas juga masalah pengembangan bisnis dan ekonomi berbasis pondok pesantren. “Menarik, kita memiliki kesadaran yang sama, bahwa pesantren itu ekosistem. Pesantren itu tidak hanya kyai dan santri saja, tapi ekosistem yang meliputi pesantren,” kata Menag.

See also  Pelantikan dan Sertijab Ketua TP PKK Kecamatan Penjaringan

Pengembangan ekonomi pesantren, lanjut Menag, sejalan dengan salah satu program prioritas Kemenag, yaitu memandirikan pesantren. Program ini penting sebagai amanah dari Undang-undang Pesantren.

“Ketika kami berdiskusi¬† dengan Presiden, salah satu mandatori utama dari Kementerian Agama adalah melaksanakan UU Pesantren. Artinya bukan hanya dari sisi dakwah pesantren ini tapi juga dari sisi ekonominya,” jelas Menag.

“Pesantren didorong untuk bisa mandiri,” sambungnya. Menag berharap pada 2024, ada 5000 pesantren mandiri yang bisa menghidupkan dirinya sendiri dan menghidupkan ekonomi¬† di lingkungan pesantren.

1 thought on “Kemenag dan Daarul Quran Jajaki Sinergi Program Dakwah dan Pemberdayaan Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *