Kemenag Bangun Gedung PLHUT di Maluku Tenggara

Ambon, chronosdaily.com –  Kementerian Agama (Kemenag) RI akan membangun gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).  

Pembangunan gedung ini menjadi salah satu Pilot Project BAPPENAS. Gedunh dibangun melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2021 dengan total anggaran Rp 5.045.373.000,. 

Pembangunan PLHUT ini tandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis,  Minggu, (23/5/2021).

Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis, mengatakan, kehadiran PLHUT Kabupaten Maluku Tenggara ini sebagai bentuk  penghargaan dan kepedulian  dari pemerintah pusat dalam menunjang penyelenggaraan ibadah haji bagi masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Pembangunan Gedung PLHUT ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara, khsususnya  jemaah haji,” kata Jamaludin. 

“Gedung ini akan diperuntukkan khusus melayani jemaah haji, baik yang akan mendaftar, persiapan dokumen jemaah, serta sebagai sarana pembinaan pelayanan dan perlindungan maupun persiapan pemberangkatan, pemulangan dan proses pembinaan lainnya,” sambungnya.

Kepala Bidang PHU, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Yamin, menambahkan, PLHUT ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas ruang perbankan syariah, ruang front office, ruang dokumen, ruang sidik jari, ruang rapat, ruang pimpinan, ruang laktasi, serta kamar mandi. 

“Dengan keberadaan gedung PLHUT,  jamaah  haji dan umrah bisa dilayani dengan lebih enak dan nyaman,” kata Yamin. 

“Kami tentunya berharap pembangunan PLHUT di Maluku Tenggara ini dapat selesai sesuai waktu pengerjaan,” tandasnya. Hadir dalam prosesi peletakan batu pertama yang dirangkai dengan penandatanganan kontrak bersama,  Asisten II Setda Kabupaten Maluku Tenggara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara , R.A. Fachrurrazy Hassannusi, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual, M. Hanafi Kasim. [Kemenag]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *