Iwan Bule Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Umum PSSI 2019-2023

Sepakbola, chronosdaily.comMochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H dikenal sebagai salah satu perwira tinggi Polri dengan karier cemerlang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu terpilih menjadi ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023 setelah meraih 82 suara dari 85 pemilik suara (voter).

Pria kelahiran Tanah Abang, Jakarta, ini pernah menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (2012), Kapolda Jabar (2013), dan Kapolda Metro Jaya (2017). Sepakbola bukan hal asing baginya, karena Iwan Bule memegang status sebagai pembina Persib sejak 2009.

Laman sinarharapan.co menyebutkan, Salah satu yang menjadi misi utamanya di PSSI adalah tata kelola kompetisi sepak bola nasional yang bersih dan transparan. Dia juga mengakui terus memantau kasus-kasus pengaturan skor di kompetisi profesional tanah air yang ditangani Satgas Antimafia Bola Polri. Ia juga punya keinginan terkait pemain naturalisasi. Dia pernah menegaskan tidak akan lagi merekomendasi naturalisasi para pemain asing yang sudah tak lagi muda. “Naturalisasi ini sudah menjadi pembahasan saya. Jadi setelah saya bedah, ternyata memang [pemain naturalisasi Timnas Indonesia] umurnya tua-tua ya,” kata Iwan kepada para awak media.

Mengutip tribunnews.com, Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti, terpilihnya para jenderal dari institusi Polri maupun TNI untuk memimpin organisasi atau lembaga negara merupakan hal yang wajar. Begitu juga tidak ada aturan yang melarang hal tersebut.”Itu hal yang biasa bagi jendral TNI-Polri menjadi ketua umum organisasi. Tidak ada aturan yang melarang,” kata Poengky ketika dikonfirmasi, Sabtu (2/11/2019).

Adanya suara miring yang dikomentari salah satu calon Ketua Umum PSSI Vijaya Fitriyasa yang sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan ujaran kebencian. Vijaya dilaporkan karena tudingannya terhadap Iwan Bule, bernegosiasi dengan kartel untuk memenangkan dirinya sebagai Ketum PSSI oleh beberapa tokoh disebut sebagai bagian dari dinamika jelang Kongres Luar Biasa PSSI. Harapan masyarakat tentunya, sudah waktunya sepakbola Indonesia menuai prestasi yang lebih baik. Selamat bekerja untuk Iwan Bule.

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *