Indonesia-Slowakia Sepakat Perkuat Kemitraan Bilateral

Jakarta, chronosdaily.com – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, Mahendra Siregar, telah bertemu Wamenlu Slowakia, Martin Klus, di Kemlu RI pada 21 April 2022. Kedua Wamenlu membahas berbagai upaya peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Slowakia di bidang perdagangan dan investasi, industri pertahanan, hubungan people-to-people serta energi, pendidikan, riset dan inovasi.

“Terdapat potensi peningkatan nilai perdagangan dan investasi, penguatan hubungan people-to-people, serta kerja sama riset dan inovasi yang saling menguntungkan kedua negara,” disampaikan Wamenlu RI.

Kedua diplomat senior sepakat mendorong pelaksanaan Sidang Komisi Ekonomi Bersama (SKEB) IV dan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) III sebagai wahana pembahasan prioritas dan implementasi kerja samanya. SKEB dan FKB tengah dijajaki untuk dilaksanakan pada tahun 2022.

Wamenlu RI dan Wamenlu Slowakia juga bertukar pandangan dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, di antaranya Presidensi Indonesia di G20, ASEAN unity and centrality, kerja sama Indo-Pasifik, green transition, pemulihan ekonomi global serta ketegangan geopolitik di Eropa saat ini.

See also  Pilih-Pilih Media, Jamintel Kejaksaan Agung Bukan Petinggi Berintegritas, Layak Dicopot!

​“Slowakia memandang Indonesia sebagai mitra strategis di kawasan Asia Tenggara dan memiliki kesamaan nilai dan pandangan atas isu demokrasi, toleransi, lingkungan, maupun peran pemuda,” disampaikan Wamenlu Martin Klus.

Secara khusus Wamenlu Martin Klus mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah memberikan beasiswa Darmasiswa Indonesia yang telah dimanfaatkan lebih dari 200 pemuda dan pemudi Slowakia.

Pada kesempatan pertemuan, Wamenlu RI juga menyampaikan penghargaan atas fasilitasi Pemeritah Slowakia pada jalur evakuasi WNI dari Kyiv dan relokasi sementara KBRI Kyiv di kota Kosice Slowakia. Wamenlu RI sampaikan apresiasi atas dukungan Slowakia pada Presidensi G20 Indonesia dan tekankan pentingnya menjaga relevansi G20 dalam percepatan pemulihan ekonomi global pasca pandemi.

chronosdaily
go

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Wamenlu Klus sejak menjabat pada Maret 2020 dan menandai kunjungan pejabat tinggi Kemlu Slowakia ke Indonesia sejak tahun 2013. Dalam kunjungannya di Indonesia, Wamenlu Martin Klus juga bertemu dengan Ketua BKSAP DPR RI Bp. Fadli Zon dan anggota BKSAP Bp. Putu Supadma Rudana, Deputi Sekjen ASEAN, Gubernur Bali, dan memberikan kuliah umum di Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia.

See also  Presiden Jokowi Saksikan Jan Ethes Pentas Musik Ensemble di Ballroom Solo Paragon

Selama tujuh tahun terakhir, Indonesia senantiasa menikmati surplus perdagangan dengan Slowakia. Pada tahun 2021, nilai perdagangan bilateral Indonesia-Slovakia mencapai USD 49,79 juta, dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD 13,16 juta. [Kemlu]

Leave a Reply

Your email address will not be published.