Indonesia Ikuti Bidding Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jakarta, chronosdaily.com – Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) yang juga anggota International Olympic Committee (IOC), Erick Thohir menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa, 3 Februari 2021. Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari koordinasi persiapan mengikuti Bidding Olimpiade 2023.

Turut mendampingi Menteri BUMN dalam kunjungan dan koordinasi di SUGBK, antara lain Direktur Utama GBK, Rahmadi A. Kusumo; Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha GBK, Mokhamad Rofik Anwar; dan Direktur Umum GBK, Susan W.

Pemilihan tuan rumah penyelenggara Olimpiade 2032 yang dilakukan melalui bidding akan dimulai pada tahun 2023. Sementara itu, hasilnya akan diumumkan pada tahun 2024. Selama bidding Indonesia akan bersaing dengan beberapa negara, yaitu Australia, RRT, India, Jerman, Qatar, dan Korea. Pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 secara resmi telah disampaikan kepada IOC pada tahun 2018.

Erick menyampaikan bahwa Indonesia memenuhi kriteria untuk ikut serta dalam bidding Olimpiade 2032. “Indonesia memiliki kesempatan yang cukup untuk memenuhi kriteria dalam bidding tersebut karena Indonesia telah membuktikan sebagai tuan rumah yang sukses dalam menggelar Asian Games dan Asian Paragames 2018 lalu”, kata Erick.

Lebih lanjut Erick menyampaikan bahwa Indonesia juga telah memiliki sejumlah sarana atau venue olahraga yang berstandar internasional. Salah satunya adalah Stadion Utama GBK yang berada di kawasan GBK; dan yang menjadi saksi sejarah kesuksesan Indonesia dalam mengukir prestasi di bidang olahraga.

Di hari yang sama Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari memberikan presentasi di depan Komisi Future Host IOC. Dalam presentasi yang disampaikan secara daring, Raja Sapta juga menampilkan video dukungan dari Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Jika nantinya Indonesia mendapat kepercayaan IOC dan terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia akan kembali menorehkan sejarah baru sebagai negara di Asia Tenggara yang pertama kali menyelenggarakan pesta olahraga yang paling bergengsi di dunia ini. [Humas Kemensetneg]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *