Imbas Corona, Ketua Bawaslu Berhentikan Pengawas Pemilu Se-Kabupaten Toba

Tobasa, chronosdaily.com – Untuk mencegah berjangkitnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, meskipun seudah mendekati masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Toba Romson Poskoro Purba memberhentikan para Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Sekabupaten Toba.

Pemberhentian itu untuk sementara saja. Ketua Bawaslu Kabupaten Toba, Romson Poskoro Purba menyampaikan, tindakan pemberhentian sementara terhadap sebanhyak 48 komisioner Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Toba itu dilakukan sehubungan  meningkatnya penyebaran covid-19 di Indonesia, termasuk di Kabupaten Toba.

Dan juga adanya pernyataan resmi dari Badan Kesehatan Dunia yakni World Health Organization (WHO) yang menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global. Juga pernyataan Presiden Republik Indonesia tentang penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional, serta upaya Pencegahan dan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19.

Ketua Bawaslu Kabupaten Toba pun mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 051/Bawaslu-Prov.SU-25/HK.01.01/03/2020 Tentang Pemberhentian sementara Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Se-Kabupaten Toba dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

See also  PGLII Sesalkan Rumah Ibadah Ahmadiyah di Sintang Dibakar dan Aparat Tidak Bertindak

Berdasarkan Surat yang dkeluarkan pada Selasa, 31 Maret 2020 itu, Komisioner Panwaslu Kecamatan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Toba resmi diberhentikan sementara. Terhitung dimulai pada tanggal 31 Maret 2020, hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

Hal ini mengacu pada surat Keputusan KPU RI Nomor: 179/PL-02-kpts/01/KPU/III/2020 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Maka perlu ditetapkan Surat Keputusan Pemberhentian Sementara Panwaslu Kecamatan,” ujar Romson Poskoro Purba.

Dia menjelaskan, pemberhentian sementara terhadap keseluruhan Komisioner Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Toba itu juga merupakan tindak lanjut arahan langsung dari Ketua Bawaslu RI, yang memperhatikan Surat Edaran Ketua Bawaslu RI nomor: 0252/K.Bawaslu/PM.00.00/3/2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Toba Bapak Romson Poskoro Purba yang juga membidangi Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL)  itu memastikan, pihaknya hanya melakukan pemberhentian sementara saja.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba, Thomson Manurung mengatakan, Surat Edaran Ketua Bawaslu Kabupaten Toba merupakan tindak lanjut dari surat edaran Bawaslu RI yang dikeluarkan pada tanggal 24 Maret 2020 lalu.

See also  Tindaklanjuti Arahan Jaksa Agung, Jampidum Terbitkan Juknis Penindakan Pelanggaran PPKM Darurat

“Bagi seluruh Komisioner Panwaslu Kecamatan yang diberhentikan sementara, agar dimohon bersabar dan tetap menjaga kesehatan tubuh masing-masing. Supaya Covid-19 tidak bisa bersemayam dalam tubuh kita. Sembari menunggu reda pandemi Covid-19 ini. Dan juga memperoleh arahan selanjutnya dari Ketua Bawaslu Ri, terkait pengaktifan kembali terhadap komisioner Panwaslu Kecamatan yang diberhentikan sementara tersebut,” tutur Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba yang membidangi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) itu. [Jon]

 

Keterangan Foto: Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba  Divisi OSDM Thomson Manurung (Kiri), Ketua Bawaslu Toba Divisi PHL Romson Poskoro Purba (Tengah), Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba Divisi HPPS Japarlin Napitupulu (Kanan).(Istimewa)

 

 Photo yang rame-rame: Dokumentasi saat pelantikan Panwaslu Kecamatan pada tanggal 23 Desember 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published.