Hingga Hari ke-25, Ada 4 Daerah di Papua dan Papua Barat Masih Diblokir Layanan Internet.

Jayapura, chronosdaily.com – Pantauan SAFEnet menyebut memasuki hari ini, 12 September 2019 hingga pukul pukul 12.00 WIB adalah hari ke 25 layanan internet dipadamkan di wilayah Papua Barat dan Papua. Ke empat wilayah itu adalah: Jayapura, Kabupaten Jayapura, Manokwari dan Sorong.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengakui pemblokiran itu masih dibatasi. “Yang masih dibatasi itu, yang lain sudah tidak dibatasi. (Apa situasi mulai kondusif?) Ya kalau saya bisa menyimpulkan begitu. Kalau nggak, bagaimana teman-teman pihak keamanan yang lain juga, maupun intelijen, memberikan informasi merekomendasikan pengurangan dari kabupaten yang dibatasi,” kata Rudiantara di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Pemblokiran tersebut kata Rudiantara akan dicabut jika ada perintah dari Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto. Pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat terjadi sejak Rabu tanggal 21 Agustus 2019. Dengan alasan untuk mencegah penyebaran hoaks yang bisa menimbulkan kericuhan.  [Lip]

chronosdaily

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *