Haul Gus Dur ke 10 di Ciganjur Jaksel dan di UIN Ciputat Tangsel

chronosdaily

Jakarta, chronosdaily.com – Wafatnya Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur satu dekade kembali diperingati oleh keluarga Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan menggelar Haul Gus Dur ke-10 di di Kediaman Gus Dur, Jalan Warung Sila, Kompleks Al Munawarah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (28/12/2019) dengan mengangkat tema ‘Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan.’

Sosok Gus Dur, menurut Inayah Wahid (Putri keempat Gus Dur) menjadi inspirasi, dan pemikirannya ternyata masih sangat relevan untuk menjawab permasalahan dan tantangan bangsa Indonesia hari ini. “Berbagai karya tulisan Gus Dur memberikan perhatian penuh terhadap persoalan kebudayaan dan bangsa”

Puteri bungsu Gus Dur Inayah Wahid dan ibunda Sinta Nuriyah Wahid

Inayah menceritakan salah satu kenangan bersama Gus Dur, alasan kenapa Gus Dur selalu mengucapkan salam Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, “Bukan karena beliau adalah kiai tapi beliau butuh tahu ini ada yang datang apa nggak.”

Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid, mengatakan selama ini tidak banyak orang yang benar-benar mengenal Gus Dur. Menurutnya, banyak orang yang mengenal Gus Dur sebatas sebagai presiden ataupun kiai. “Lebih dari itu banyak yang tidak mengenal Gus Dur itu siapa,” ungkap Sinta Nuriah dalam sambutannya.

See also  Raker Ikaperjasi di Solo, Dirjen Binapenta dan PKK Minta Profesionalisme Pekerja Diperkuat 

“Bisa saya buktikan kemarin saya hadiri haulnya Gus Dur di Surabaya. “Padahal Gus Dur juga seorang politikus, seorang demokratis, humanis, humoris dan satu lagi Gus Dur adalah seorang budayawan. Terbukti dulu Gus Dur pernah menjabat di Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Itu menunjukkan Gus Dur seorang budayawan,

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Sementara komunitas Gus Dur di Ciputat menggelar Malam Kebudayan seiring dengan Haul Gus Dur ke 10 di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (30/12/2019) terbilang sukses, jumlah yang hadir memenuhi aula melebihi kapasitas yang disediakan.

Acara dibuka dengan menyantikan bersama Indonesia raya, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, Sambutan Panitia dan perwakilan Pemkot Tangsel, lalu pembacaan Tahlil untuk Gus Dur. Pentas musik MJC mendapat apresiasi meriah dari pengunjung.

Para undangan Haul Gus Dur ke 10 di Aula UIN Ciputat

Talkshow menghadirkan Dr. Muhammad A.S. Hikam (Menristekdikti era Gus Dur), Priyo Sambadha (Ketua DPP Barikade GusDur), Pdt Statistik Siahaan (Sekum PGI-W Banten) dan Yerry Pattinasarani (putera legenda sepakbola Ronny Pattinasaranny)

See also  Pernyataan DPN PERADI Upaya Mencegah Penyebaran Covid 19

“Harapan dan output dari kami selaku panitia dari lintas komunitas adalah semakin damainya kawula muda khususnya di ciputat ini dengan meneladankan sosok Gus Dur di era modern saat ini. Dari banyak sekali budaya luar yang masuk ke Indonesia, kita tetap menjaga budaya Indonesia dengan seutuhnya. Karena Gus Dur telah meneladankan, saatnya kita meneruskan”, Ungkap Ketua Panitia Muhamad Noval Karom.

Yerry Pattinasarani bersama Pengurus AMPP (Angkatan Muda Protestan Pluralistik)

Di akhir acara, Noval juga mengucapkan terima kasih kepada tim kerja, juga kepada mitra dan pendukung Malam Kebudayaan ini, antara lain kepada 1. Gusdurian Ciputat 2. Lentera HAM 3 PMII Cab. Ciputat 4. NU Online 5. LPM Institut 6. Islami.co 7. Rembes.net 8. Bincang Syariah 9. Journal liberta 10. Mahasiswa Bicara 11. Pinisi 12. Tikum School 13. Joker Caffe 14. KMPLHK Ranita 15. IPNU Tangsel 16. Nyarung dan semua pihak yang tak sempat disebutkan satu persatu, tutup Noval.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *