Hari Sumpah Pemuda di Makassar, Ribuan Mahasiswa Turun ke Jalan Lakukan Aksi

Makassar, chronosdaily.com –  Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ribuan Mahasiswa dari sejumlah kampus di kota Makassar yang menamakan diri Rakyat Melawan Oligarki tumpah ruah dalam unjuk rasa di bawah jembatan layang Jl AP Pettarani. Senin (28/10/2019). Pusat aksi demonstrasi juga merambah hingga ke depan gedung DPRD Sulawesi Selatan Jl Urip Sumoharjo, Makassar, tak urung menyebabkan kemacetan yang panjang di dua ruas jalan tersebut.

Aksi unjuk rasa menyandera truk kontainer dijadikan sebagai panggung aspirasi, membakar ban bekas dan pembatas jalanan. Mahasiswa menyoroti sejumlah kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat. Termasuk di dalamnya Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hasil revisi yang dianggap melemahkan indepensi lembaga antirasuah tersebut. Pendemo menuntut Presiden RI, Joko Widodo untuk secepatnya menerbitkan Perppu KPK dan menolak segala RUU yang tidak pro terhadap rakyat.

Melalui orasi yang disampaikan, masyarakat Makassar akan terus mengkritisi kinerja pemerintahan yang tidak peduli lagi dengan rakyatnya, seperti rancangan dan revisi sejumlah Undang-Undang yang didorong oleh DPR, yang tidak lagi memihak kepada rakyat. “Pemerintah harusnya mendengar dan mewujudkan kedaulatan rakyatnya dengan mengesahkan UU yang mendorong kesejahteraan rakyat, bukan malah sebaliknya,” tegas Aqsha, kordinator aksi. [LexyDea]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *