Dukung Pendidikan Anak Usia Dini, Pertamina Bantu Alat Permainan Edukatif

Balikpapan, chronosdaily.com – Pendidikan anak harus dimulai sedini mungkin dengan metode yang disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Mendukung program Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kecamatan Balikpapan Barat, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan memberikan bantuan alat permainan edukatif kepada 44 PAUD di Kecamatan Balikpapan Barat, Sabtu (22/1/2022).

“Penting bagi kita untuk menyiapkan anak-anak sebagai generasi penerus untuk masa depan. Tentunya hal tersebut dimulai dari pendidikan anak usia dini atau PAUD. PAUD merupakan jenjang pendidikan dasar untuk anak hingga usia enam tahun yang bertujuan membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani dan jasmaninya,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Chandra menyampaikan, tujuan pemberian alat permainan edukatif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak, menumbuhkan citra diri anak yang positif, memberikan stimulus dalam membentuk perilaku dan pengembangan kemampuan dasar, serta memberikan anak kesempatan bersosialisasi dengan teman sebaya.

Wakil Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Balikpapan, Sri Purwanti menyambut positif upaya yang dilakukan KPI Unit Balikpapan. “Saya mendukung sekali karena ini sangat bermanfaat untuk perkembangan anak usia dini di Kecamatan Balikpapan Barat. Semoga anak-anak di Balikpapan Barat dapat berkembang motorik kasar dan halusnya,” kata Sri Purwanti.

See also  Tingkatkan Daya Tampung Air di Musim Penghujan, Gerebek Lumpur di Waduk Pluit

Permainan menggunakan alat tentu membuat anak-anak lebih menikmati kegiatan bermain karena banyak hal yang dapat dilakukan oleh mereka.

“Ini merupakan bantuan yang sangat berarti untuk membantu perkembangan pendidikan di PAUD,” ujar Bunda PAUD Balikpapan Barat, Herawaty Surya Kesuma.

Alat permainan edukatif yang diberikan berupa balok kayu. Balok kayu dipilih karena merupakan sarana mengenalkan kemampuan memecahkan masalah pada anak. Permainan susun balok ini merupakan permainan konstruktif sehingga membuat anak aktif membangun sesuati menggunakan material yang telah disediakan.

Permainan menyusun balok juga menstimulasi otak anak untuk meningkatkan aspek-aspek kognitif seperti kemampuan bahasa, asak logika dan konsep-konsep dasar.

“Balok ini sangat bermanfaat untuk membantu pembelajaran untuk fisik motorik anak. Sehingga anak menjadi lebih belajar untuk mengasah aspek bahasa, seni, kognitif, motorik kasar dan motorik halus,” ucap Kepala Sekolah TK Nusa Jaya Kelurahan Baru Ilir, Ernawati

Dalam acara ini juga dilaksanakan pelantikan pengurus Pokja Bunda PAUD Kecamatan Balikpapan Barat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada PAUD yang berada di Kecamatan Balikpapan Barat untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan di sini,” tutup Camat Balikpapan Barat, Arif Fadhillah. [Pertamina]

See also  Indonesia–Jerman Resmikan Studi Kelayakan Awal 15 Proyek dan 2 Provinsi Baru GII

chronosdaily
go

Leave a Reply

Your email address will not be published.