Ditjen Bimas Buddha Siapkan Rp15M untuk Bantuan Rumah Ibadah dan Dhammasekha

Jakarta, chronosdaily.com – Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama tahun ini menyiapkan anggaran Rp15miliar untuk bantuan rumah ibadah dan sekolah agama Buddha atau Nava Dhammasekha. (setingkat Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD). Jumlah itu terdiri atas Rp11,875 miliar untuk rumah ibadah, dan Rp3,250 miliar untuk sekolah Nava Dhammasekha.

“Tahun ini kita alokasikan anggaran bantuan, sebanyak Rp11,875 miliar untuk rumah ibadah dan Rp3,250 miliar untuk Nava Dhammasekha,” terang Dirjen Bimas Buddha Caliadi di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, bantuan rumah ibadah agama Buddha (RIAB), diasiapkan untuk empat program. Pertama, sertifikasi tanah untuk 23 RIAB di 7 provinsi. Kedua,, rehabilitasi/renovasi 100 RIAB di 31 Provinsi. Ketiga, program RIAB bersih dan sehat pada 241 RIAB di 29 Provinsi. Dan keempat, pembangunan empat RIAB pada 4 Provinsi.

“Jadi secara nasional program ini untuk 368 Rumah Ibadah Agama Buddha,” jelasnya.

Sementara untuk Nava Dhammasekha, lanjut Caliadi, Ditjen Bimas Buddha menyiapkan Rp3,250 miliar untuk penguatan sarana prasarana 25 sekolah, pembangunan gedung tiga sekolah, fasilitasi akreditasi untuk tujuh sekolah, serta BOS untuk 750 siswa sekolah.

See also  Asosiasi Pendeta Indonesia Prihatin atas Pelarangan Ibadah dan Perayaan Natal di Sumatera Barat

“Ini kami siapkan dalam rangka mendukung dan menunjang Program Pendidikan Keagamaan Buddha Nava Dhammasekha,” tandasnya. [Kemenag]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *