Disebut Terlibat Penipuan, Ketua Majelis Hakim di PN Jakpus Inisial MJ Segera Dilaporkan 

Jakarta, chronosdaily.com – Salah seorang Ketua Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) berinisial MJ akan dilaporkan ke Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY). 

Hakim MJ dilaporkan karena diduga melakukan penipuan pada perkara kepailitan. Kuasa Hukum Saksi Korban Teguh Susanto, Dr Elita mengungkapkan, laporan yang akan mereka lakukan terkait perkara dugaan penipuan atas nama Terdakwa Indratno Suryadi Pribadi alias Jhon Lee. Dan perkara Kepailitan Nomor Perkara 77/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga.Jkt.Pst. 

Elita menyebut, di satu sisi Hakim MJ adalah selaku Hakim Pengawas dalam Perkara Kepailitan Nomor Perkara 77/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga.Jkt.Pst. 

“Di sisi lain, Hakim MJ sebagai Ketua Majelis untuk kasus penipuan,” ujar Elita kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (09/09/2021). Elita menjelaskan, perkara tersebut berawal dari Jhon Lee membutuhkan dana kepada Saksi Korban Teguh Susanto. Dana itu untuk Proyek Pembangunan Apartemen di bilangan Jakarta Pusat. “Oleh karena klien kami dan Terdakwa mempunyai hubungan baik, maka diberikanlah dana Rp 450 miliar,” ujarnya. 

Di pertengahan jalan, ketika pembangunan proyek tersebut masih berproses, Terdakwa meminta tambahan dana, dan diberikan oleh Saksi Korban. Namun uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi. 

“Dan oleh karena itulah kami ditunjuk sebagai Kuasa Hukum oleh klien kami. Sehingga, apa bila nanti terbukti secara sah dan meyakinkan bahwa Putusan Pengadilan Negeri yang mengatakan Terdakwa bersalah, sehingga Putusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang inkrah itu, cacat hukum,” kata Elita. 

Elita menilai ada kesalahan dalam penunjukan Hakim MJ sebagai Hakim Pengawas dalam perkara PKPU, yang sekaligus sebagai Ketua Majelis dalam Perkara Pidana Penipuan. 

“Selama dalam proses PKPU saya tidak akan menyalahkan Kurator dan Hakim Pengawas. Karena kita belum tahu ada dugaan tindak pidana yang dilakukan salah seorang partner debitur, maka terjadilah seperti ini,” ujar Elita. [Jon]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *