Dirawat Intensif di RSPAD Gatot Subroto, BJ Habibie Belum Diizinkan Dikunjungi

Jakarta, chronosdaily.com – Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Ahad (8/9) dan ditangani intensif oleh dokter kepresidenan. “Dengan hormat bersama ini kami konfirmasikan bahwa Bapak B.J. Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan di RSPAD Gatot Soebroto,” kata Sespri BJ Habibie, Rubijanto ketika dikonfirmasi, Minggu, 8 September 2019. Hingga saat ini, pendiri industri pesawat terbang dalam negeri (IPTN) itu masih dalam perawatan dan belum diperbolehkan untuk dibesuk.

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Sebelumnya, B.J. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno. B. J. Habibie menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.  Tahun 2016 lalu BJ Habibie juga sempat masuk rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif. Pada Maret 2018, pria berusia 83 tahun itu juga sempat dirawat di klinik Starnberg di Munich, Jerman, setelah mengalami kebocoran klep jantung. Kebocoran jantung yang dialami Habibie saat itu mirip dengan sakit yang dialami sang istri Ainun Habibie. penyakit itu membuat air menumpuk di paru-paru Habibie hingga 1,5 liter sehingga ia pun merasa sulit bernapas di samping tekanan darah meningkat hingga 180 mmHg.

See also  FK UPH adakan Sumpah Dokter bagi¬† 146 Dokter Baru Lewat¬†Videoconference

“Benar, saat ini Bapak BJ Habibie menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK). Sesuai dengan petunjuk tim dokter untuk sementara waktu Bapak Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi,” ujar sekretaris pribadinya, Rubijanto. Dalam keterangannya, Rubijanto menyampaikan bahwa BJ Habibie tidak diperkenankan untuk dijenguk samata-mata untuk mendapat perawatan yang maksimal dan bisa beristirahat penuh. Ia juga meminta doa kepada rakyat Indonesia untuk kesembuhan BJ Habibie. Sehingga beliau dapat kembali beraktivitas seperti semula. “Kami atas nama keluarga memohon kehadirat Allah SWT agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan agar dapat beraktifitas kembali,” tutur Rubijanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *