Diprediksi Akan Terjadi Ledakan PHK Buruh Minta Subsidi Upah Dilanjutkan

Jakarta, chronosdaily.com – Buruh meminta agar Program Subsidi Upah tidak dihentikan. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai, sebaiknya program subsidi upah dilanjutkan. Karena program ini sangat membantu menjaga daya beli buruh.

Malah, menurut Said Iqbal, kepesertaan program ini perlu diperluas hingga untuk buruh yang tidak terdaftar di dalam BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga akan semakin banyak buruh yang menerima subsidi upah tersebut.

“Ke depan, KSPI memprediksi terjadinya ledakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). PHK jutaan buruh akan terjadi di semua sektor industri, termasuk industri baja dan semen,” ujar Said Iqbal dalam keterangannya, Rabu (03/02/2021).

Dengan adanya bantuan atau subsidi upah, lanjutnya, akan menjadi buffer atau penyangga buruh dan keluarganya untuk bertahan hidup. Terlebih di tengah pandemi yang belum usai.

Said Iqbal juga mengungkapkan, untuk itu KSPI akan segera mengirim surat ke Presiden  Joko Widodo untuk melanjutkan program tersebut. [Jon]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *