CIMB Niaga Salurkan Rp3,5 Miliar untuk Kembangkan Bambu di Bali

Gianyar, chronosdaily.com – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) salurkan dana ┬ásebesar Rp3,5 miliar guna kembangkan Bambu. CSR tersebut dilakukan CIMB Niaga sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.”Dana tersebut kami gunakan bagi pengembangan berbagai jenis tanaman bambu di beberapa daerah,” kata Direktur Compliance, Corporate Affairs dan Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei, Sabtu (30/11), di Banjar Patas, Desa Tegallalang, Gianyar. Demikian yang kami kutip dari laman beritabali.com

Untuk di Bali program ini sudah dilakukan di daerah Tabanan dan Gianyar dengan mengembangkan bambu jenis Tabah. Bambu jenis tersebut ditanam, karena bisa diolah sebagai olahan menu makanan atau bisa banyak turunan olahan lainnya. “Bambu (bambu Tabah) ini dipilih, karena memiliki manfaat besar. Baik bagi lingkungan maupun memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat disini,” ujarnya.
chronosdaily

Dia mencontohkan, dilihat dari turunannya bambu tabah selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, furniture, alat musik tradisional, kerajinan sampai pada dijadikan menu olahan.”Bisa dijadikan berbagai bentuk kerajinan sampai pada rebung bambu. Masyarakat sekitar, banyak mengolah rebung bambu menjadi berbagai olahan menu dari berbagai pohonnya,” katanya.Program peduli lingkungan telah dilakukan sejak 2012 khusus jenis bambu. Untuk di Bali total keseluruhanya sebanyak 10 ribu bibit.

“Kami telah melakukan Program ini sejak 2012,” ucapnya. Adapun dampak positif dari bambu, mulai dari meningkatkan kualitas penyerapan air, menjadi penyerap karbon (C02) sampai memproduksi oksigen (02), sehingga mampu menjadi solusi mitigasi mengatasi perubahan iklim. “Selain itu, bambu mudah ditanam dan memiliki pertumbuhan yang cepat, serta tidak membutuhkan perawatan khusus,” katanya.
Selain membantu budidaya bambu tabah juga memberi pelatihan serta bantuan mesin vacum pengolahan rebung. Serta kedepan akan mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait dalam membantu pemasarannya ke depan.
Dia berharap apa yang telah dilakukan akan mampu mendorong masyarakat sekitar meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian dan pemanfaatan bambu. [Komang R Patria, BeritaBali]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *