Cegah Penyakit Dengan Menerapkan PHBS

Jakarta, chronosdaily.com – Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam keseharian sebagai upaya pencegahan berbagai macam penyakit. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Suni Sigit Wijatmoko mengatakan, PHBS itu sangat penting dan harus diterapkan setiap hari.

“Membiasakan cuci tangan dengan sabun termasuk salah satu gerakan PHBS. Walaupun itu hal yang kecil namun memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan kita sendiri,” tutur Suni di Kantor Sekretariat PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (30/01/2020).

Ia juga menghimbau kepada kader PKK se Jakarta Utara untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan agar masyarakat waspada dan menjaga kesehatan. “Apalagi saat ini sedang ramai pemberitaan terkait penyebaran virus corona yang mengakibatkan kematian. Kita juga harus waspada dan mengantisipasinya dengan menerapkan PHBS,” ujarnya.

Apabila ada gejala-gejala yang mengarah kepada gangguan pernafasan. Ia menyarankan untuk segera mengecek kesehatan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat. “Biar cepat ditangani tim medis dan bisa diketahui jenis penyakitnya,” tegasnya. [Johan Sopaheluwakan]

Leave a Reply

Your email address will not be published.