Burhanuddin Tegaskan Pengangkatan Setia Untung Arimuladi Sudah Sesuai Ketentuan

Jakarta, chronosdaily.com – Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin menegaskan, pengangkatan Kepala Badan Pendididikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia (Kabandiklat) Dr Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, sudah sesuai ketentuan.

Hal itu ditegaskan Jaksa Agung Dr Burhanuddin, setelah mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, melalui siaran langsung di kanal youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Saluran TV Edukasi, dari Keadiaman Jaksa Agung RI, di Jalan Denpasar Raya, Jakarta Selatan.

Dr Setia Untung Arimuladi, SH. MHum. Telah diangkat sebagai Wakil Jaksa Agung RI sebagaimana telah diumumkan pada hari Rabu tanggal 29 April 2020 yang lalu.

Jaksa Agung Burhanuddin melalui siaran pers yang disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan AGung (Kapuspenkum) Hari Setiyono menjelaskan, pengangkatan Setia Untung Arimuladi  itu sebagaimana telah diterbitkannya Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor : 76/TPA Tahun 2020 tanggal 27 April 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari Dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Di Lingkungan Kejaksaan Agung.

Itu telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia pasal 23 ayat 3 yang menyatakan Yang dapat diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung adalah Jaksa Agung Muda, atau yang dipersamakan dengan memperhatikan jenjang dan jabatan karir.

Setia Untung Arimuladi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI dalam jabatan struktural Eselon 1 A merupakan jabatan struktural yang sama dengan jabatan struktural para Jaksa Agung Muda (JAM).

See also  Temui KH Ma'ruf Amin, MPR RI Siap Gelar Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Selanjutnya, dijelaskan Burhanuddin, Setia Untung Arimuladi  mempunyai perjalananan jenjang karir yang cemerlang selama berdinas di Kejaksaan RI yang antara lain telah beberapa kali menduduki jabatan struktural yang strategis.

Yakni, sebagai  Asisten Khusus Jaksa Agung RI (02 Agustus 2011). Kemudian, sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung  atau Kapuspenkum  (08 Nopember 2012).

Selanjutnya, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau atau Kajati Riau (28 Mei 2014), Kepala Biru Umum (Karo Umum) pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung RI (13 Mei 2015), Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barar atau Kajati Jabar  (02 Juni 2016).

Kemudian lagi, Sesjam Intel (23 Oktober 2017), dan Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI (15 Nopember 2017 – hingga sekarang).

Disamping menduduki jabatan struktural tersebut, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) Hari setiyono, yang melanjutkan pernyataan resmi Jaksa Agung Burhanuddin, ternyata Setia Untung Arimuladi juga  merupakan pelopor perubahan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Sehingga untuk yang pertama kali mendapat predikat WBK sekaligus WBBM dari Kementerian PAN RB Republik Indonesia,” ujar Hari Setiyono.

Dengan memperhatikan segudang prestasi tersebut, maka Jaksa Agung RI menilai bahwa pengangkatan Dr Setia Untung Arimuladi, sebagai Wakil Jaksa Agung RI adalah tepat dan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

See also  Guru di Batanghari Pukuli Muridnya, Tindak Kekerasan Terhadap Anak Harus Diproses Hukum

Pada kesempatan ini pula, Jaksa Agung RI mengingatkan bahwa pelantikan Wakil Jaksa Agung RI, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan dan Staf Ahli Jaksa Agung RI akan dilaksanakan secara terbatas pada hari Senin tanggal 04 Mei 2020 sekira pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Baharuddin Lopa, Kejaksaan Agung RI.

Mengingat waktu pelaksanaan pelantikan masih dalam masa darurat pandemik Covid 19 maka untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid 19, upacara pelantikan akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di masa pandemik dan mempedomani Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor : 10/SE/IV/2020 tanggal 02 April 2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah / Janji PNS atau Sumpah / Janji Jabatan Melalui Media Elektronik / Teleconference Pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona.

Serta Surat Edaran Jaksa Agung RI Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil atau Sumpah/Janji Jabatan Melalui Media Elektronik/Teleconference Bagi Pegawai Di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia Pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019.

Hari Setiyono menyampaikan, untuk itu Jaksa Agung RI mohon maaf apabila nanti para awak media tidak seluruhnya dapat mengikuti/meliput secara langsung jalannya upacara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut.

See also  Kemen PPPA Kecam Penculikan dan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Penyandang Disabilitas

Dan mohon dimaklumi pula, setelah acara tersebut tidak dilakukan konferensi pers sebagaimana biasanya, sehingga apabila para awak media bermaksud menyampaikan pertanyaan dapat disampaikan secara tertulis melalui Kapuspenkum.

Hari Setiyono mengulang, jadwal pelantikan mengalami sedikit perubahan. Diberitahukan perubahan jadwal pelantikan pejabat Eselon 1 di lingkungan Kejaksaan Agung RI yang semula akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 04 Mei 2002 pukul 09.00 WIB diubah menjadi pukul 13.00 WIB.

“Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Dan mohon bisa di teruskan ke teman-teman awak media lainnya. Sekali lagi mohon maaf karena protokol kesehatan Covid-19,  maka akan dilakukan pembatasan jumlah awak media yang meliput secara langsung,” jelas Hari Setiyono, Minggu (03/05/2020). [Jon]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *