Baskara Sukarya Mengukuhkan Guntur Aritonang Nakhodai IP-KI Provinsi Jakarta

Jakarta, chronosdaily.com – Mulyadi Guntur Aritonang terpilih sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI) untuk Provinsi DKI Jakarta. Pengukuhan dan pelantikan pengurus DPW IP-KI digelar di lantai 22 Gedung Balaikota Jakarta pada Selasa kemarin (10/11) dihadiri oleh Dewan Pembina, Dewan Pakar dan jajaran pengurus DPP IP-KI, termasuk Ketua Umum H. Baskara Harimukti Sukarya dan Sekjen Troy Aldi Pratama.

Selain kader dan tokoh IP-KI yang hadir, nampak pula di jajaran terdepan Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Drs. Taufan Bakri, M.Si dan Perwakilan dari Kodam Jaya Kolonel Drs. Susanto M.Pd. serta undangan dan lainnya.

IP-KI sebagai organisasi kebangsaan tertua, didirikan pada 20 Mei 1954, Para tokoh pemrakarsa di antaranya adalah para tokoh bangsa diantaranya A.H. Nasution, Gatot Subroto, Aziz Saleh dan nama besar lainnya. 

Ketua Umum IP-KI H. Baskara Harimurti Sukarya dalam sambutannya berharap agar seluruh pengurus dan anggota IP-KI DKI Jakarta untuk tidak henti-hentinya mengebumikan Pancasila, dan kibarkan terus panji-panji IP-KI ke seluruh wilayah Jakarta, “IP-KI sebagai organisasi tertua di Indonesia yang konsisten membumikan nilai-nilai luhur Pancasila serta membangun rasa Nasionalisme serta Cinta Tanah Air harus bisa memberikan kontribusi dan sumbangsih kepada bangsa dan negara.”

IP-KI Provinsi Jakarta, lanjut Baskara,  harus membangun kerja sama dengan seluruh organisasi yang ada di Jakarta ini,  meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun sinergi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, “IP-KI DKI Jakarta juga harus mampu melakukan transformasi secara kelembagaan agar IP-KI semakin dikenal masyarakat luas, wujudkan gotong-royong ditengah masyarakat, mengatasi masalah yang dihadapi bangsa dan negara,” tegas Baskara.

Menurutnya, IP-KI juga harus mampu bersinergi dengan pemerintah untuk memberikan masukan maupun memberikan solusi, dengan masih maraknya korupsi di negeri tercinta ini, juga mengenai masalah kesenjangan sosial, ketidakadilan didalam hukum dan sebagainya, jelas Baskara.

Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta, Taufan Bakri, berharap IP-KI Wilayah DKI Jakarta terus mengebumikan ideologi Pancasila serta dengan tegas menolak dan menangkal ideologi-ideologi baru yang bermunculan di NKRI ini.
Taufan menyinggung adanya investasi Korea ke Indonesia saat ini juga cukup besar, seperti memproduksi HP maupun membuka restoran Korea di beberapa Mall, “Saya berharap IP-KI wilayah DKI Jakarta tetap membumikan Budaya Nusantara serta tetap mencintai masakan asli Indonesia, karena kuliner merupakan cerminan sebuah bangsa.”

Taufan Bakrie menantang IP-KI Jakarta untuk menggelar kerja sama kegiatan cinta kuliner Indonesia dengan mengadakan lomba masak Rendang. Tantangan disambut meriah dan IP-KI menyatakan siap melakukan sinergi dengan Kesbangpol DKI Jakarta, salah satunya melalui program Cinta Budaya. 

chronosdaily

Pangdam Jaya yang diwakili Kolonel Drs. Susanto, M.Pd, sangat mendukung keberadaan IP-KI DKI Jakarta, dan menyatakan siap untuk bersama-sama menjaga tetap tegaknya NKRI dalm bingkai Pancasila dan UUD 1945. “TNI sebagai mitra masyarakat, ingin melihat karya nyata jajaran IP-KI, khususnya kepengurusan DKI Jakarta ini dalam berbagai kegiatan yang dapat mensejahterakan masyarakat.”

Menurutnya, saat ini FKPPI lebih dikenal dan menyebut baru saja dideklarasikan Persatuan Putra-Putri Angkatan Darat (PPPAD) di pendopo Ryamizard Ryacudu. Harapannya, “IP-KI harus bisa bekerja lebih baik lagi dalam berbagai kegiatan, sehingga lebih dikenal di masyarakat, untuk itulah setelah pengukuhan pengurus, dapat bersama-sama TNI dalam mendukung cita-cita Kemerdekaan RI, yang sudah perjuangkan oleh para Pejuang Kemerdekaan Indonesia,” harap Susanto.

 M Guntur Aritonang usai dikukuhkan sebagai Ketua DPW IP-KI Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2023– 2028, mengaku siap mengemban amanah dan siap jalin kerja sama serta bermitra dengan Pemprov DKI Jakarta serta TNI dan POLRI. “IP-KI Provinsi DKI Jakarta siap hadir untuk mengedepankan ideologi Pancasila sebagai kritik terhadap ideologi asing yang mulai masuk kedalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sebagai kader IP-KI saya sangat prihatin dengan banyaknya berita hoaks yang beredar dan telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, khususya menjelang Pemilu ini. Banyak kalimat yang tidak sesuai dengan budaya kita, seperti budi pekerti dan semangat gotong-royong.”

Menurut bang Guntur, demikian biasa disapa, banyak upaya memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa, “Untuk itulah seluruh kader IP-KI wajib mengkampanyekan Budaya Indonesia sebagai bagian dari nilai-nilai luhur Pancasila. Kita akan terus melakukan kajian dan diskusi-diskusi tentang penanaman kembali nilai-nilai luhur Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada generasi penerus bangsa bersama TNI/POLRI dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.”

IP-KI Provinsi DKI Jakarta akan menggelar pasar murah bagi masyarakat kurang mampu, misal dengan beras dalam kemasan yang siap dibagikan. Secara umum, IP-KI Jakarta siap memberikan kontribusi yang menjadi kebutuhan masyarakat. “Kami akan memulai dengan hal-hal sederhana tetapi bermanfaat. Kami juga siap bermitra dan membangun Jakarta,” pungkas pria bernama lengkap Mulyadi Guntur Aritonang. [Jerimia Vegas]

See also  Baskara H Sukarya : IP-KI Sebagai Organisasi Kebangsaan, Berupaya Mengayomi Semua Agama

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *