Barista Indonesia Berjaya di Saudi Barista Competition 2021

​​

Riyadh, chronosdaily.com – Ryan, Yudha dan Joe sukses menjadi juara 1, 2 dan 3 pada Kompetisi Barista Saudi 2021 yang diselenggarakan dalam Pameran Makanan, Minuman dan Hospitality “Saudi Horeca 2021″ (05-07/09/2021) di Riyadh, Arab Saudi.

Selama 3 hari, para Barista tersebut secara piawai menunjukkan keahliannya di depan dewan juri, yang berasal dari Saudi dan Yunani, membuat espresso, milk steamingpouring, & latte art hingga meracik ramuan khasnya yang diciptakan sendiri menjadi minuman khas (signature).

Buah tropis seperti markisa, jambu, pepaya dipadukan ciamik dengan biji kopi Aceh Gayo sehingga menimbulkan after taste dan aroma kopi yang berbeda dan memukau dewan juri, hingga mampu menyisihkan peserta lain dari Nigeria, Filipina, India dan tuan rumah Saudi.

Saat ini ada sekitar 405 orang barista/roaster Indonesia yang bekerja di coffee shop & roastery di Arab Saudi. Keahlian barista Indonesia sangat diakui oleh para pemilik kafe dan roastery di Arab Saudi, hingga beberapa kali mereka meminta informasi dari KBRI bagaimana caranya bisa mendatangkan lebih banyak lagi barista dari Indonesia untuk mengoperasikan kafe dan roasterynya.

See also  Pulihkan Sektor Parekraf, Pemerintah Tingkatkan Ekspor dan Digitalisasi Pemasaran Produk

KBRI Riyadh dan komunitas Barista Indonesia di Arab Saudi telah beberapa kali bekerjasama melakukan promosi kopi Indonesia di Arab Saudi, melalui pameran dan kegiatan coffee cupping. Budaya minum kopi yang “fanatik”, meningkatnya pemintaan untuk specialty coffee serta daya beli konsumen yang kuat menjadi faktor penarik bagi kopi premium Indonesia untuk lebih dapat “beraroma” di Arab Saudi. [Kemlu/KBRI Riyadh]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *