Awal 2022, Kejagung Hentikan 53 Perkara Lewat Restorative Justice

Jakarta, chronosdaily.com – Kejaksaan Agung (Kejagung) mendorong restorative justice untuk perkara-perkara yang memenuhi syarat. Di awal tahun ini saja, 53 perkara diampuni lewat restorative justice.

Perkara terbaru yang diberikan restorative justice tersebut yakni kasus pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh warga Bandung Barat Agus Mustopa (28). Restorative justice tersebut disaksikan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin.

“Hari ini (pemberian restorative justice) adalah yang ke-53 untuk Januari saja,” ucap Burhanuddin di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, Jalan Riau, Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

Restorative justice ini merupakan program Kejagung. Menurut Burhanuddin, Kejagung memiliki kewenangan tentang dominus litis untuk menghentikan suatu perkara.

“Itu artinya yang berhak, jabatan apapun jabatannya yang berhak untuk dan bisa seseorang dijadikan tersangka di pengadilan itu kewenangan ada pada jaksa dan itu sudah kita lakukan kewenangan itu,” tutur dia.

Menurut Burhanuddin pemberian restorative justice ini juga tak diberikan terhadap siapapun. Ada persyaratan khusus agar seorang terdakwa diberikan pengampunan.

See also  Presiden Jokowi Resmi Membuka Acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia

“Syaratnya pertama orang itu baru melakukan pertama kali, kemudian ancaman hukuman lima tahun dan kerugian tidak lebih Rp 2,5 juta. Nanti teman-teman kembangkan, tidak harus Rp 2,5 juta saja, tapi dalam pelaksanaannya menyeimbangkan rasa adil di masyarakat,” kata dia.

Burhanuddin menegaskan pemberian restorative justice ini bukan hanya agar mencegah over kapasitas di dalam rutan dan lapas. Pemberian ini semata-mata guna memenuhi rasa keadilan masyarakat.

“Bagi kami ini yang ke-53 dan tentunya kita akan terus bahkan kita akan lebih terbuka. Sementara ini untuk perkara tertentu, syarat tertentu, tentu kami akan coba bukan hanya di lapas untuk penuh tapi demi keadilan di masyarakat,” ujar Burhanuddin.

Sebelumnya, Agus Mustopa diampuni perkaranya oleh Kejari Cimahi. Agus merupakan tersangka kasus pencurian sepeda motor majikannya. [Kejaksaan]

Leave a Reply

Your email address will not be published.